Tidak Akan Libatkan LSM

RADAR SIDOARJO      Rabu, 08 Agt 2007
SIDOARJO – Bantuan presiden untuk korban lumpur senilai Rp 10 miliar belum juga mengucur ke warga. Dana tersebut masih menjadi perdebatan banyak pihak. Salah satunya terkait rencana pelibatan LSM dalam pendampingan penyaluran bantuan itu.

Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BKBPMP) Tri Ratih Agustina mengatakan, ada warga yang tidak menghendaki keterlibatan LSM sebagai pendamping. “Banyak warga yang tidak setuju mendapat pendampingan dari LSM,” kata Ratih setelah menghadiri rapat dengar pendapat dengan pansus (panitia khusus) lumpur DPRD Sidoarjo kemarin. Mungkin saja, kata dia, warga menghendaki fasilitator dari mereka sendiri.

Ratih menambahkan, bantuan Rp 10 miliar itu akan didistribusikan dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat. Sasarannya korban lumpur Lapindo. Namun, pelaksanaan program atas biaya bantuan Rp 10 miliar itu menunggu hasil rapat antara pansus lumpur DPRD Sidoarjo, pihak pemkab, dan perwakilan warga. Juga menunggu arahan pemerintah pusat.

“Untuk sementara ini, susunan alokasi dana yang sudah kami buat kami batalkan. Itu sudah tidak berlaku lagi,” ujar Ratih.

Asisten Dua Bidang Administrasi Pembangunan Pemkab Sidoarjo Hariadi Purwantoro selaku kordinator pelaksana program tersebut mengatakan sudah berkirim surat ke presiden.

Dalam suratnya, Hariadi menjelaskan, ada usul dari warga agar mendistribusikan bantuan itu dalam bentuk uang tunai atau pembangunan rumah untuk 766 KK pengungsi, yang sampai kini masih bertahan di Pasar Porong Baru. Kendati demikian, Hariadi menegaskan, pendistribusian dana bantuan itu ditunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan.

Sementara itu, Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Achmad Zulkarnain menyatakan BPLS telah menyiapkan antisipasi musim hujan. Air hujan dianggap berbahaya dan bisa menyebabkan tanggul jebol. “Kami menyediakan pompa air di sekitar lokasi lumpur untuk menjaga debit air hujan,” kata dia. (sat/riq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: