Kali Porong Dianggap Aman

RADAR SIDOARJO      Kamis, 09 Agt 2007
SIDOARJO – Sedimentasi lumpur di Kali Porong belum dianggap sebagai ancaman penyebab banjir. Dirjen Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum (PU) Iwan Nusyirwan Diar menyatakan, endapan lumpur di Kali Porong bersifat cair dan bisa terbawa arus.

“Berdasar data yang ada, jenis lumpur yang dibuang ke sungai bersifat cair. Jadi, bisa terbawa arus air,” kata Iwan Nusyirwan Diar saat mengunjungi lokasi lumpur di Porong kemarin (8/8).

Iwan yang didampingi tim dari Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) berpendapat, banjir akan terjadi jika lumpur yang dialirkan ke Kali Porong mengering. “Nah, yang saya lihat, lumpur itu tidak mengering. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir terjadi banjir,” ujarnya.

Kondisi Kali Porong kemarin memang tampak berbeda dengan beberapa waktu belakangan. Sebelumnya, sedimentasi lumpur memenuhi badan Kali Porong. Lumpur mengeras. Bahkan, ekskavator yang berusaha mengeruk sedimen lumpur pun sempat rusak karena kerasnya lumpur. Sedimentasi lumpur yang begitu besar menimbulkan kekhawatiran ancaman banjir bagi Sidoarjo, Surabaya, dan Pasuruan saat musim hujan tiba.

Iwan menganggap dasar Kali Porong juga masih mampu menampung debit air jika terjadi hujan. Meski begitu, dia mengaku akan tetap menyiapkan alternatif lain untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. “Ada teknik-teknik lain yang akan digunakan untuk mengantisipasi hal itu,” ujarnya.

Sementara itu, tanggul titik 25 dekat pusat semburan jebol. Humas BPLS Ahmad Zulkarnain mengatakan, tanggul jebol akibat retakan. Lumpur masuk melalui bawah tanggul dan muncul di sela-sela bagian tanah yang retak. Rabu (8/8), tepatnya pukul 02.30, retakan makin parah dan jebol. (riq)

Iklan

One Response to Kali Porong Dianggap Aman

  1. usil berkata:

    Pak Iwan Nusyirwan sebagai DirJen SDAD PU sangat pede dengan
    pernyataannya bahwa: SEDIMENTASI KALI PORONG BELUM..ANCAMAN..
    Tentu pak Iwan sudah menghitungnya dengan pasti, ya to Pak?
    Awas lho pak, kalo besok2 bikin pernyataan yang sebaliknya.
    Rakyat gak mau dibodohi terussssss, ingat itu!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: