Jalur Alternatif Porong Mulai Dibenahi

Rabu, 15 Agustus 2007 | 11:02 WIB
TEMPO Interaktif, Sidoarjo: Pemerintah Propinsi Jawa Timur mulai memperbaiki dan melebarkan jalur alternatif Krian-Mojosari sebagai pengganti jalan raya Porong yang terimbas lumpur Lapindo.

Total biaya perbaikan mencapai Rp 95 miliar. “Tapi untuk tahap awal kami anggarkan Rp 45 miliar,” kata Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur Soekarwo, Rabu (15/8). Sisanya akan dianggarkan dari anggaran daerah 2008. Dalam waktu dekat baru Rp 25 miliar yang akan dicairkan.

Perbaikan jalan sepanjang 25 kilometer ini untuk mengantisipasi jika relokasi jalan tol, jalan raya Porong dan rel kereta api yang ditargetkan selesai akhir 2008 meleset. Apalagi hingga saat ini relokasi tersebut tak kunjung dimulai.

Menurut Soekarwo, anggaran perbaikan jalur alternatif ini di luar anggaran Rp 900 miliar yang sudah dianggarkan dalam anggaran negara untuk infrastruktur Porong.

Saat ini, jalan raya Krian-Mojosari merupakan satu-satunya jalur alternatif yang biasa digunakan jika jalan Raya Porong ditutup. Padahal jalur Porong merupakan jalur terpadat lantaran jalan tol Gempol-Surabaya sudah tidak bisa lagi digunakan.

Pemerintah Propinsi Jawa Timur saat ini terus mendesak pemerintah pusat merealisasikan pengalihan atau pemindahan infrastruktur Porong. Rohman Taufiq

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: