Waras, Korban Lumpur yang Menerima Hadiah karena Kejujurannya

RADAR SIDOARJO      Kamis, 16 Agt 2007
Kaget Uang Ratusan Juta, Istri Diare Tiga Hari
Sikap jujur Waras, 56, membawa berkah bagi diri dan keluarganya. Korban lumpur asal Kelurahan Siring itu mengantongi hadiah Rp 50 juta setelah mengembalikan kelebihan uang muka PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ) Rp 429 juta. Siapakah Waras?

TORIQ S. KARIM, Sidoarjo

RUMAH Waras di RT 8 RW 2 Kelurahan Siring sudah tenggelam dan terkepung lumpur. Sehari-hari, bapak tiga anak tersebut dikenal warganya sebagai petani lugu. Namun, prinsip hidupnya sebagai warga desa yang jujur ternyata masih utuh. Keluguan dan kejujuran tersebut teruji saat dia menerima transfer uang muka ganti rugi dari PT MLJ, pertengahan Juli lalu.

Seharusnya, dia hanya mendapatkan uang muka Rp 56 juta. Tapi, rekeningnya ternyata terisi Rp 485 juta. Jadi, ada kelebihan sekitarRp 429 juta. Waras dan istrinya, Astiah, 50, terkejut dan bingung. Rasa bingung bertambah menjadi takut saat dia mengecek jumlah uang yang diterima di rekening bank. Jumlahnya benar-benar melebihi haknya.

“Saya kepikiran terus beberapa hari,” ujar lelaki yang saat ini tinggal di Desa Juwet Kenongo RT 12 RW IV, Kecamatan Porong. Dia menyatakan tidak bisa makan tiga hari. Bahkan, Astiah juga mengaku takut bakal dihukum karena menerima uang tidak sah. “Istri saya sampai murus (diare) perutnya,” sambungnya.

Dalam kondisi seperti itu, Waras segera menemui Lurah Siring Mustain. Dia menceritakanapa yang dialaminya. “Saya temui Pak Tain. Terus, saya ceritakan semua. Saya kemudian dibuatkan surat pengantar untuk menemui Tim Verifikasi,” katanya dalam bahasa Jawa.

Didampingi Koordinator Taruna Siaga Bencana Rahmad Sudarmaji, Waras menemui Tim Verifikasi dan langsung mengecek data. Kesalahan terletak pada pendataan tanah. Lahan milik Waras seluas 2.440 meter persegi, yang seharusnya hanya dapat ganti rugi Rp 56 juta, ternyata terbayar Rp 485 juta.

Saat ditanya Suminto dan Yusuf Permana dari Tim Verifikasi, Waras menyatakan ingin mengembalikan uang itu. Uang sekitar Rp 429 juta tersebut akhirnya dikembalikan kepada PT MLJ. Meski begitu, dia masih merasa takut dan deg-degan. Bahkan, ketika dipanggil untuk menerima reward dari PT MLJ di Hotel Shangri-La, Surabaya, dirinya mengaku sangat takut. “Saya tidak mau dikira pencuri. Tapi, mereka memaksa saya datang. Ya sudah, akhirnya saya datang ke sana” jawabnya.

Waras mengaku senang saat menerima hadiah tersebut. Dia gunakan uang yang berjumlah Rp 20 juta itu untuk membeli rumah di kawasan Krembung. Perhiasannya Rp 30 juta disimpan. Meski demikian, dia mengaku takut ketika kedatangan tamu yang ingin menemui dirinya. “Saya takut ditanya-tanya, takut salah menjawab nanti,” ungkapnya. (*)

Iklan

5 Balasan ke Waras, Korban Lumpur yang Menerima Hadiah karena Kejujurannya

  1. […] Waras, Korban Lapindo mengembalikan kelebihan pembayaran ganti rugi sebesar Rp. 429 juta kepada  PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ). Kisah yang WOW! ditengah krisis kejujuran pada pejabat dan DPR kita. Kami waktu itu memasukkan kisah ini sebagai 1 dari 7 Keajaiban Indonesia Impian.  […]

  2. anto vincent berkata:

    lebih baik pemimpin kita tetap nggak jujur, kalo mereka jujur, kasihan pers dan media, artis dan cyberworld. soalnya ndak akan ada yang dikritik, diumpat atau disumpah serapahi. Untuk para pejabat atau petinggi, selamat menunaikan ibadah “tidak jujur”. Karena dengan ke”tidakjujuran anda”, banyak orang bisa makan (hati) sampai kenyang.

  3. La An berkata:

    jujurlah wahai orang2 yg ga jujur
    lihat lah
    ternyata kejujuran membawa berkah
    bukan hanya berkah di dunia
    tapi berkah di akhirat juga
    saya juga titip salam hormat buat pak Waras sekeluarga
    semoga kejujuran pak waras mendapat balasan dariNya…
    amien….

  4. alex berkata:

    Yang jujur ternyata malah dari orang-orang kecil yang sering dikacangin™ sama pembesar-pembesar….

    *miris*

  5. l30n4rdu5 berkata:

    Terimaksih Tuhan, ternyata masih ada kejujuran dinegeri yang kucintai ini. Titip salam hormat buat pak Waras yang masih waras moralnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: