Ganti Rugi Lahan Korban Lumpur Lapindo Capai Rp1,4 Triliun

20/08/07 20:31Sidoarjo (ANTARA News) – Ganti rugi nilai transaksi jual-beli lahan terdampak luapan lumpur dari proyek PT Lapindo Brantas Inc. yang dilakukan oleh PT Minarak Lapindo Jaya hingga kini sudah mencapai Rp1,4 triliun lebih.


Direktur Operasional PT Minarak Lapindo Jaya, Bambang Prasetyo Widodo, di Sidoarjo, Senin, mengatakan bahwa dari nilai transaksi jual-beli lahan terdampak lumpur sebesar Rp 1,4 triliun lebih, uang muka (20 persen) yang telah dibayarkan kepada warga pemilik lahan dan bangunan terdampak lumpur panas mencapai Rp294,7 miliar.

“Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan transaksi jual-beli sesuai tenggat waktu yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Jumlah yang telah ditransaksikan hingga 16 Agustus 2007 sebanyak 5.850 bidang dan Senin ini transaksi jual-beli lahan terdampak lumpur panas dilanjutkan kembali, setelah tak operasional selama tiga hari karena hari libur nasional.

Ia mengatakan, sejumlah 211 bidang lahan dan bangunan yang ditransaksikan Senin ini dengan nilai lebih dari Rp77 miliar. Lahan dan bangunan yang ditransaksikan meliputi persawahan 1.549 meter persegi (m2), pekarangan 39.217,23 m2 dan bangunan 25.655 m2.

Sementara itu, Ketua Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), Soenarso, mengemukakan bahwa pihaknya akan bisa menyelesaikan tanggung jawabnya, termasuk proses transaksi jual-beli lahan dan bangunan terdampak lumpur, tergantung kerjasama dan kejujuran tiga pilar.

Ketiga pilar itu adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, PT Minarak Lapindo Jaya dan warga korban lumpur sendiri. “Di sini kerjasama dan kejujuran sangat penting. Tanpa itu tak mungkin kami bisa menyelesaikan beban dan target kerja yang diberikan pemerintah,” katanya.

Sesuai tenggat yang ditentukan pemerintah, maka proses jual-beli lahan dan bangunan terdampak lumpur harus tuntas pada 14 September 2007.

Soenarso mengatakan, dalam tempo tujuh minggu, pihaknya berhasil menyelesaikan 5.355 berkas pengajuan. Hal itu jauh lebih maju dibanding kinerja Timnas yang hanya mampu menyelesaikan berkas transaksi jual-beli lahan terdampak lumpur panas sebanyak 495 berkas selama tiga bulan.

“Kami optimistis deadline pemerintah bisa kami penuhi asal ketiga pilar itu bisa bekerjasama dan jujur,” katanya menambahkan. (*)

Copyright © 2007 ANTARA

Iklan

16 Responses to Ganti Rugi Lahan Korban Lumpur Lapindo Capai Rp1,4 Triliun

  1. usil berkata:

    Kalo gak berani USUL, namanya bukan USIL…ya to?
    Eh, Om! menurut firasat usil, Om bakal dapat sparing.
    Tapi bukan disini, dijudul sebelah….semoga.

  2. ompapang berkata:

    Ah, itu mah USIL ASAL USUL !!!Mana bisa si Om bikin 15 lembar soal endas kebo!

  3. usil berkata:

    Iya…Mang! masih terus mencermati ini. Hanya saja sudah dua hari tapi
    belon selesai2 juga baca ulasan ‘riwayat hidup’ segala merk mobil koleksi
    si Om itu. Dulu aku ajak agar dia nulis 15 lembar soal endas kebo, eh dia
    emoh. Apa sekarang dia lagi ngambek? Perlu utus orang untuk periksa
    kandang belibis piaraannya, jangan2 burungnya lepas (ctt: logo burungnya
    kadang2 ada, kadang2 gak nongol) ehmm…
    Mang! didaerah asal usil sana juga ada sumber air panas mengandung
    belerang. Biasanya orang yang kudisan sembuh setelah berendam disitu.
    Pada saat yang bersamaan ada juga yang lagi rebus jagung, talas dll.
    Alamak! gak perlu bumbu to?

  4. mang Ipin berkata:

    Alow sohibku bung Usil…kirain lagi gak di blog ini! sebetulnya sich ogut sdh usulkan
    malah menta rekomendasi dari qta punya mdm.Hime mengenai yang bung Usil tanya-
    kan..yaitu pemanfaatan LuSi berkenaan dengan medis..ingat nggak dulu sebelum ada
    musibah longsoran di Pacet-Mojosari? ada kolam air panas dengan unsur belerangnya
    dimana ogut pernah ketemuan dengan pengunjung orang Jepang,yang lagi sama2 ngerendam dikolam tsb,dan cerita bahwa di kampungnya gak ingat lagi namanya ada
    air panas mengandung belerang sangat digemari oleh mereka untuk dimanfaatkan se-
    bagai sarana kesehatan….so ogut pernah punya hayalan gimana kalo bung Usil mau berinvestasi untuk membuat Spa di Porong sana dengan memakai LuSi jadi andalan
    nya,biar nanti ogut yang ngebantunya…..habis senang banget sich kalo berendam di-
    natural hot spring water!…ogut yakin akan banyak manfaatnya dari segi kesehatan
    yang akan qta dapat…hitung2 membuka lahan pekerjaan bagi RKL??????piye!

  5. inyo berkata:

    Betul mang Ipin sy juga kagum, tapi ada satu hal yg kurang dr OmPapang beliau lom pernah bahas ” Korelasi antara LUMPUR LAPINDO dg KESEHATAN” misal lumpur lapindo bisa digunakan sbg obat kangker ?, dll. juga para dokter2/analist kesehatan koq ga ada yg posting ke blog ini yah?? material2 apa yg terkandung di dlm lumpur shg bisa digunakan utk menyembuhkan suatu penyakit tertentu, misal…….??

  6. mang Ipin berkata:

    He.he.he…tul sekali Om,met pagi dulu ah!ogut jadi tambah kagum sm Om Papang ini
    coz walu disiplin ilmunya dari Eksakta namun dari segi elmu per Akroniman
    Meta Fisika, Sos Bud,etc etc…. si Om saraba tahu kata urang Banjar,sampai2 sohib ku
    si Bung Usil merasa gak afdol kalo pada tiap diskusi Ilmiah gak dapat pencerahan dari
    Om Papang,,iya nggak bro?…lam kompak selalu

  7. ompapang berkata:

    Mang Ipin sudah dapat satu, TARUNA, Kalo dicari masih banyak lho, coba lihat dizaman Pak Harto , DPR kan dibawah kendali Eksekutif, sehingga suaranya selalu SEREMPAK ….. SETUJU (AKUR),soalnya pada saat itu beredar Honda ACCORD. Juga soal perkara pengadilan/bidang Hukum, gara-gara ada Suzuki Esteem, penyelesaian hukum jadinya tebang pilih, alias ada yang di ISTIMewakan. ya nggak mang Ipin !

  8. mang Ipin berkata:

    Lha iya Om ada relevansinya dengan produk Daihatsu TARUNA, sehingga para Taruna
    alias PRAJA dari IPDN banyak yang menjadi Qurban????asal zangan Tebar CERIA
    aza ya Om…kata siapa tuuh!!!!!mbuh

  9. ompapang berkata:

    Tak tambahi OTOMOLOGInya ya?. Dijaman Pak Harto berkuasa, VW KODOK sangat populer di Indonesia. Dan pada saat itu ada istilah ABS(Asal Bapak Senang ). ternyata dalam prakteknya Bos-bos kecil dan Menengah menggunakan ilmu KODOK , yaitu ke ATAS tangan mereka MENYEMBAH sambil menyampaikan laporan ABS, namun seiring dengan itu kaki mereka MENJEJAK bawahannya agar membuat laporan yang ABS.
    Saat ini kita boleh berharap kehidupan di Indonesia lebih CERIA , setelah Daihatsu mengeluarkan produk mobil kecil CERIA. Semoga !

  10. ompapang berkata:

    Pak Usil,Pak Inyo, Mang Ipin, boleh ompapang nyimpang dari topik ya?.Tetapi masih tentang mobil.Soalnya kan ada iklan mobil dari Mal.Com. Ompapang mau cerita tentang pengaruh merk mobil terhadap perubahan politik,ekonomi, sosial dan Budaya (termasuk olahraga). judul cerita : OTOMOLOGI di Indonesia.
    Kita mulai dari jaman Bung Karno : Tahun limapuluhan yang laris adalah FIAT 1100 cc terkenal dengan Fiat sebelas, ternyata kesebelasan Nasional Indonesia (PSSI ) dengan tokohnya Ramang, San Liong, Liong Hauw,Djamiat ,Saelan dll, mampu maju ke Olimpiade Melbourne Ustrali.Bersama Fiat, saat itu juga terkenal merk Plymouth dan Dodge dari Amerika yang ternyata dilidah orang JAWA (nguJA haWA = mengumbar nafsu) bisa membentuk “akronim” yang mempengaruhi perilaku suami-suami termasuk Bung Karno untuk polygami.Sesudah itu di awal dekade 60 an, muncul BEMO beroda 3 dan di saat itulah Bung Karno mencanangkan NASAKOM (Nasionalis – Agama -Komunis ) sebagai 3 kekuatan politik untuk menyelesaikan revolusi yang belum selesai. Menjelang tahun 1964, dari Jepang datang juga MAZDA KOTAK. Ternyata kemudian meletus peristiwa G30S/PKI tahun 1965 yang mengakibatkan PKI masuk KOTAK dan kemudian disusul Bung Karno juga masuk KOTAK. Dan disaat ada Surat Perintah SEBELAS Maret, mobil yang merajai pasaran tetap FIAT SEBELAS (1100 cc ). Mulai tahun 70 an, di jaman Pak Harto jadi Presiden,mobil Jepang mulai membanjiri pasaran terutama dengan merk Toyota, dengan model Crown,Corona,Corolla yang ketiganya adalah berarti MAHKOTA kerajaan. Jadilah pak Harto memerintah sebagai RAJA tanpa mahkota. Di jaman Pak Harto, muncul Mitsubishi COLT ( Anak kuda Jantan) yang legendaris. Pada saat itu putra-putra (anak laki-laki) pak Harto mulai muncul sebagai pengusaha muda.Sejaman dengan COLT, muncul Honda CIVIC. Kita semua tahu mulai saat itu gencar diadakan penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) yang tidak lain adalah indoktrinasi KEWARGANEGARAAN ( CIVIC). Tetapi sayang, beredar pula Suzuki KATANA (PEDANG) sebagai lambang “kekerasan” yang akibatnya diseantero wilayah Indonesia banyak tawuran (saling bacok dengan PEDANG ).Kemudian dipasarkan juga Toyota Kijang. Khasanah orang Jawa mengenal kijang sebagai pelari tercepat (ctt: karena tidak tahu Cheetah lebih cepat). Mobil ini menengarai banyaknya uang milik negara yang diLARIkan ke Luar Negeri.Disamping Kijang ada lagi mobil yang punya pasaran bagus, yaitu Suzuki Carry. Lidah Jawa melafalkan ‘carry’ dengan KERI atau KARI yang artinya KETINGGALAN. Jadilah Indonesia KETINGGALAN disegala bidang kehidupan bernegara dalam masyarakat dunia, terutama dibidang Ekonomi.Akibat dari KETERTINGGALAN ini maka ketika terlanda KRISMON, perekonomian Indonesia lumpuh sama sekali dan BERHENTI TOTAL. Lha kemudian Suzuki mengedarkan KARIMUN yang megisyaratkan ekonomi Indonesia yang sudah berhenti, tidak bisa maju lagi, TINGGAL MUNDUR atau KARI MUNdur. Sebelum terjadi huru-hara, beredar pula Isuzu PANTHER yang populer dengan iklan “cring-cring” nya irit biaya bahan bakar Jakarta – Bali.PANTHER (Panthera Tigris ) adalah keluarga Harimau (Raja Hutan ) yang menjadikan CAKAR sebagai senjata utamanya.Kita bisa lihat pada saat itu banyak tokoh Partai (elit politik) yang CAKAR-CAKARAN berebut kedudukan sebagai Ketua Partai dengan puncaknya terjadi huru -hara 27 Juli 1996. Sejalan dengan majunya usaha Putra-putra Pak Harto, maka pada saat itu mulai diproduksi dan dipasarkan mobil dari Korea yang diberi merk TIMOR.Ternyata dalam tempo yang relatif singkat peredaran Timor merupakan tanda -tanda awal dilepaskannya TIMOR TIMUR dari Indonesia oleh Pak Habibie. Sesudah Gus Dur menjadi Presiden, kembali Suzuki memasarkan sedan BALENO. Sadar atau tidak ternyata Gus Dur mengimbau Pak Harto untuk “mBALEkNO” harta milik Negara yang didakwakan dikuasai Pak Harto secara tidak syah.Makin banyak model atau type mobil yang beredar di Indonesia makin banyak pula pesan-pesan atau isyarat akan terjadinya perubahan atau peristiwa penting di Indonesia.Sebagai pendatang baru,ternyata mobil Korea juga membawa pesan-pesan tertentu dalam OTOMOLOGI. Tiada lama setelah mobil Hyundai ATOZ diluncurkan,para elit politik yag ingin tampil terdepan dipanggung politik Indonesia saling melemparkan kritik kepada saingannya dengan suara yang ATOS (Z), bikin panas hati yang diserang. Masih menyangkut mobil dari Korea, budaya predator SIAPA MAKAN SIAPA dikalangan legislatif, yudikatif dan eksekutif mewabah begitu KIA mengedarkan type CARNIVAL yang dapat ditafsirkan sebagai sifat PREDATOR pemakan daging (CARNIVORA). Contoh nyata adalah adanya MAFIA PENGADILAN dan BIAYA SILUMAN untuk segala urusan yang menyangkut birokrasi. Juga mobil KIA Carrens menyiratkan pertanda bakal terjadi darah tumpah dibumi Indonesia. Dalam bahasa Jawa Kuna atau juga Sanksekerta, huruf C dibaca sebagai huruf “S”.( ctt: Kalau dalam bhs Inggris konsonan C diikuti vokal A, dibaca sebagai huruf K, misal Capitol ).Jadi CARRENS akan dilafalkan oleh lidah Jawa menjadi SAREN yang berarti DARAH yang mengalir keluar hasil sembelihan binatang ternak (ayam,sapi dsb). Pesan yang disampaikan adalah akan terjadinya darah mengalir membasahi bumi pertiwi Indonesia, dan ternyata diakibatkan bencana alam (gempa,tsunami,tanah longsor,banjir), pemboman oleh teroris serta perang antar suku.
    Adapun beredarnya mobil KIA VISTO memberi pertanda akan terjadinya REKONSILIASI di Indonesia, dibuktikan dengan adanya penyelesaian perdamaian dibumi Aceh melalui MOU di Helsinki.Sebab kata VISTO diucapkan lidah Jawa sebagai WISTO yang artinya SUDAHLAH, yang SUDAH BERLALU BIARKAN BERLALU,marilah kita menatap hari depan bangsa dengan menghilangkan segala permusuhan. Masih ada mobil Jepang, yaitu Toyota AVANZA yang tak lain adalah pembawa isyarat akan meraja lelanya FLU BURUNG ( AViAn influenZA ). Juga beredarnya Honda JAZZ, dimana bunyi lafal ‘JAZZ” menurut telinga Jawa kedengaran sebagai “JES” sebagai suara “JESS..JESS… “semburan uap KERETA API tempo dulu. Ternyata kemudian (bahkan sampai sekarang) banyak kecelakaan KERETA API terjadi secara beruntun dalam selang waktu yang tidak terlalu lama.
    Akhirnya Pak Usil,Pak Inyo dan Mang Ipin, percaya atau tidak , semoga pemilihan nama type atau model mobil di Indonesia perlu dibaca MAKNAnya dulu sebelum dipasarkan. Sebab NAMA akan membawa MAKNA. Sekian selingan cerita dari Ompapang, dan maaf menyimpang dari topik.

  11. mang Ipin berkata:

    Tariiik!!!!!setuju qta ramai2 sponsori RKL minjam mobil ferari/bmw/mery dari …MALL.
    COM tuk darmawisata ke HOT MUD LAKE Porong,gak usah demo Dek Inyo, Bung Usil
    sohibku gak usah takut selip / ambles kedalam LuSi khan lagi masih kemarau!!!! walau di Jakarta sudah 2hari kemarinan ada hujan lumayan derasnya,nanti tak bawai
    lemper sushi pesanan dari Om Papang…tahu gak ada special lemper buatan Mak Cik
    yang suanget enak tenan..kata pelawak Timbul….kapan kita ketemuan tuk reuni????
    taaariiiik!!!!!!!!

  12. usil berkata:

    Hayah!…jual ferari koq disini to? Kalo jual traktor, masih boleh dah.
    Paling gak bisa angkut sedimen buat uruk show-roomnya …MAL.COM
    Traktor harus disopiri oleh omPapang dan sebagai kernet, saya dan
    pak Inyo. Saat traktor amblas dilumpur, mang Ipin didepan segera
    memberi aba2: TARIIIK!!!

  13. inyo berkata:

    P. Usil, mang Ipin…dkk. kita ga punya mobil/motor utk dijual, dan ga punya uang utk beli mobil/motor, gimana klo kita datang rame2 ke kantor MOBILMOTORMALL.COM pinjam mobil/motor-nya utk DEMO ??

  14. mang Ipin berkata:

    Suabar..sing suabar ..Kang YangYung! moso gak tahu sich, kalo laporan yg sifatnya
    ABS ntu selalu menjadi kebiasaan bagi para birokrat se-hari2,coz mereka khan gak
    ngalami yang menjadi kesusahan para RKL,sing penting asal dapat nyenengi BAPAK
    tuk dapat pujian bahwa amanat dari BAPAK sdh dilaksanakan…..Siap Pak!!!!!!!
    kesabaran dan kebenaran pada akhirnya akan menjadi pemenang!…salam prihatin

  15. yangyung berkata:

    BENER NIH ??????? saya ini korban dari perum TAS dengan nomor register 5xx yang sudah ikut sumpah POCONG di pendopo kab.Sidoarjo minggu pertama agustus, sampai sekarang belum ada panggilan lanjutan gimana proses berikutnya,TAPI realita dilapangan yang diproses baru nomor dibawah angka 500.
    SEKALI LAGI LAPORAN ABS!! payah………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: