Gotong Keranda, Tuntut Ganti Makam

RADAR SIDOARJO      Senin, 20 Agt 2007
SIDOARJO – Ratusan warga Kelurahan Siring (Barat) berunjuk rasa menuntut ganti makam umum yang sudah tenggelam oleh lumpur. Mereka meminta agar Pemkab Sidoarjo, BPLS, dan PT Lapindo Brantas menyediakan makam karena warga setempat yang meninggal sulit dimakamkan.

“Kami akhirnya memakamkan keluarga di Desa Pamotan. Itu pun harus mengeluarkan biaya,” ujar Suparno, salah seorang warga Siring Barat.

Dalam aksinya, warga berjalan mengitari tanggul di Siring, Jatirejo, dan Ketapang. Mereka juga menggotong keranda berisi salah seorang warga yang seolah-olah telah wafat. Sambil berjalan, massa berorasi dan menenteng berbagai poster. Isinya, menuntut agar PT Lapindo segera menyediakan ganti lahan makam.

“Masak kalau kami mati harus dikubur di tempat tetangga. Kami menuntut lahan untuk relokasi pemakaman,” ujar warga bersahutan.

Setelah berkeliling tanggul, warga berhenti di sekitar Tugu Kuning, Siring, dan berjalan ke bekas jembatan tol Porong yang sudah dibongkar. Mereka mengancam, jika tuntutan tidak dikabulkan, aksi serupa akan terus dilakukan.

Menurut Bambang Kuswanto, koordinator aksi, jika tuntutan warga tidak dipenuhi, pemkab, BPLS, dan Lapindo akan menanggung dosa besar. Sebab, selama pemakaman umum Desa Siring terendam lumpur, pemkab, Lapindo, maupun BPLS tidak pernah menyediakan lahan untuk relokasi. “Memang, Siring Barat belum tenggelam, tapi sudah tidak punya makam. Kami tidak mau jika mati dimakamkan di tempat lain,” tegas Bambang.

Sejak makam umum Siring tenggelam, sebagian warga juga sempat membongkar makam keluarga mereka, kemudian memindahkannya ke tempat lain dengan cara menggali kubur dan mengumpulkan kerangka.(riq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: