Lagi, Korban Lumpur Disumpah

RADAR SIDOARJO      Kamis, 23 Agt 2007
SIDOARJO – Pengambilan pernyataan di bawah sumpah terhadap korban lumpur Lapindo, ternyata, belum selesai. Kemarin (22/8), sekitar 430 korban lumpur dari Desa Kedungbendo, Ketapang, dan Jatirejo disumpah atas kebenaran data tentang luas tanah atau bangunan yang mereka ajukan untuk mendapat ganti rugi.

Pengambilan sumpah berlangsung di Pendapa Kabupaten Sidoarjo. Prosesnya tidak berlangsung secara masal sebagaimana dilaksanakan pada kali pertama. Warga disumpah satu per satu oleh petugas dari Kantor Depag (Departemen Agama) Sidoarjo.

“Kalau (disumpah) satu per satu seperti ini, akan terasa lebih khusyuk dan serius. Itu beda dengan penyumpahan secara masal seperti dulu. Dulu, kesannya hanya seperti formalitas,” ujar Saiful, salah seorang petugas pengambil sumpah dari Depag Sidoarjo.

Bahkan, imbuh Saiful, pengambilan sumpah secara satu per satu dapat menguji kejujuran para korban lumpur. “Tadi sampai ada beberapa korban yang segeramengubah data-data luasan bangunan rumahnya sebelum diambil sumpah,” lanjutnya.

“Rasanya seperti betul-betul diuji kejujurannya, apalagi kami harus memegang Alquran ketika mengucapkan sumpah itu,” ujar Dina, seorang warga korban lumpur.

Dia berharap pengambilan sumpah itu bisa mempercepat pemberian ganti rugi atas tanah dan bangunan rumahnya. “Dengan pengambilan sumpah, kami berharap proses verifikasi berkas bisa cepat selesai dan kami bisa segera mendapat ganti rugi,” katanya. (sat)

Iklan

2 Responses to Lagi, Korban Lumpur Disumpah

  1. yangyung berkata:

    Mas Syarifudin, ……lapindo itu memang pinter cari cara untuk ngeles dan ngulur-ngulur waktu/buying time untuk ngerepoti korban lumpur. Mereka tidak terketuk hatinya kali ya…sama korban diSDA,walau ada yang dengan kepolosannya 3 orang tempo hari mengembalikan uang kelebihan direkening mereka….(duit ratusan juta lho)
    Sumpah ini gak tahu pengaruhnya apa?lha saya sendiri awal agustus disumpah dipendopo Sidoarjo,sampai hari ini belum juga dipanggil lagi…….LAPINDO baca situs ini gak ya???????????!!!!!!

  2. 430 korban masih disumpah lagi untuk memperoleh data yang sahih tentang sebagian harta bendanya (luas tanah dan bangunan) yang hancur akibat kelalaian serta kecerobohan management Lapindo. Kasihan deh para korban, sudah jadi korban malah disumpah lagi.
    Seharusnya Management Lapindo yang harus diambil sumpahnya untuk segera membayar ganti rugi para korban. Dalam hati kecilku kuberdoa semoga MANAJEMEN LAPINDO jangan sampai DISUMPAHIN oleh para korban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: