GEBRAK LAKUKAN DOA BERSAMA UNTUK KORBAN LUMPUR

MEDIA CENTER:
Gerakan Rakyat Korban Lumpur (Gebrak) melakukan doa bersama lintas iman di Pasar Baru Porong (PBP). Acara dimaksudkan, memberikan dukungan simpati bagi korban lumpur Lapindo Brantas Inc (LBI), terutama warga Renokenongo.
Koordinator doa bersama, Ahmad Zainul, saat ditemui di pengungsian PBP, Kamis (23/8) mengatakan, dukungan diberikan kepada warga Renokenongo yang masih bertahan di pengungsian PBP, 766 KK. Mereka tidak mau pindah, karena menolaK ganti rugi sebesar 20%. “Melalui kegiatan ini, mereka berharap, pemerintah akan segera menyelesaikan ganti rugi,” ujarnya.
Selain doa bersama, juga digelar istigotzah, pembacaan puisi oleh Zamawi Imron dan Acep Zamzam Noer, serta hiburan reog Ponorogo.
Dikatakannya, setelah acara doa bersama, dilanjutkan menyampaikan bahtsul masail ke bupati (hasil putusan, red), yang berisi, alat jual beli diubah menjadi alat ganti rugi, karena warga sudah kehilangan harta benda.
Selanjutnya, mencabut Peraturan Presiden (Perpres) No 14 Tahun 2007, tentang Ganti Rugi Bagi Korban Lumpur Sebesar 20%. Karena, hal itu merupakan intervensi dari pemerintah.
Diharapkan bupati dapat menyelesaikan ganti rugi 100% dan lahan 30% di Pasuruan. Namun, Bupati Win Hendrarso tidak bisa mewujudkan keinginan warga Renokenongo, karena 96% dari korban lumpur sudah menerima ganti rugi 20%, sedangkan yang 4% tidak mau menerima ganti rugi 20% tersebut.
Selain itu bupati mendapat tekanan dari pedagang Pasar Porong lama agar pedagang tersebut segera menempati Pasar Baru Porong.
Jika bupati tidak bisa menyelasaikan tuntutan warga Renokenongo tersebut, rencananya, Jumat (24/8) besok, sebagian anggota Gebrak, akan menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Yusuf Kalla dan Menteri Koordinator Kesra Aburizal Bakri. Tindakan itu, sebagai upaya, agar ganti rugi segera dibayarkan.

-tok, yan, 2007-08-23 15:23:26

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: