Dipanggil Polisi, Kades Berkilah Bukan Paksaan

RADAR SIDOARJO      Kamis, 30 Agt 2007
SIDOARJO – Jajaran Polres Sidoarjo turun tangan menyikapi gejolak warga korban lumpur dari Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin. Sejumlah warga dimintai informasi mengenai rencana pemotongan uang muka oleh Kepala Desa Gempolsari Waliadin. Kades mengaku, rencana itu bukan paksaan.

Warga yang dimintai informasi diundang ke Polsek Tanggulangin Selasa (28/8) malam. Mereka rata-rata menjelaskan rencana Waliadin yang akan memotong uang muka ganti rugi tanah warga yang terkena lumpur hingga 25 persen.

Waliadin mengatakan tidak pernah memaksa warga untuk membayar 25 persen dari uang ganti rugi. Dia berharap agar permasalahan tersebut diselesaikan di tingkat desa. “Saya tidak pernah meminta itu. Ini hanya kesalahpahaman. Saya harap persoalan tersebut diselesaikan di tingkat desa saja,” katanya. Waliadin mengaku belum menerima panggilan untuk dimintai keterangan polisi. Namun, dia mengaku siap menjelaskan.

Pemanggilan polisi berawal dari protes puluhan warga Desa Gempolsari, khususnya RT 10 RW 2, yang nglurug ke Kantor Kecamatan Tanggulangin pada Selasa. Mereka bertanya kepada Camat Tanggulangin Sudarto atas rencana Waliadin memotong uang muka ganti rugi warga. Saat camat bertemu warga, Kades tidak hadir.

Menurut warga, Waliadin berencana membuat kesepakatan dengan warga yang rumahnya terkena luapan lumpur agar mereka bersedia menyerahkan 25 persen uang muka. Saat mengurus surat-surat, warga juga dipungut Rp 200 ribu-Rp 1,5 juta. Warga pun menolak saat disuruh mengisi surat pernyataan sepakat dengan rencana itu pada 26 Agustus 2007. (riq)

Satu Balasan ke Dipanggil Polisi, Kades Berkilah Bukan Paksaan

  1. mang Ipin mengatakan:

    Ada2 saza orang yang gak punya perasaan memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan …moso kalo gak ada asap ada api???????wis..wis!!! Pak.Kades dimana
    rasa empatinya kepada RKL????orang sudah menderita lahir batin..malah mau dipalak
    lagi????oh..oh ..dunia sudah semakin amburadul aza….salam prihatin tuk RKL semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: