BPLS TERUS PANTAU GAS DI TITIK-TITIK SEMBURAN BARU

MEDIA CENTER : Rabu, 5 September 2007 10:57:14

Menurut Kepala Sub Kelompok Kerja Penutupan dan Penanganan Semburan Lumpur Panas Sidoarjo BPLS, Handoko Teguh ditemui saat memantau semburan di lapangan Desa Mindi Kecamatan Jabon Sidoarjo Selasa (4/9) Sore, pemantauan itu untuk menentukan kandungan gas itu benar-benar aman bagi manusia.
Hasil pemantauan yang dilakukan oleh petugas dari PT Fergaco menunjukkan bahwa kandungan H2S di sekitar titik-titik semburan kecil mencapai 13 Part Per Million (ppm). Sementara kandungan gas yang mudah terbakar Low Eksplosive Limit (LEL) mencapai 4%. “Artinya, kandungan gas itu masih di bawah ambang batas aman bagi manusia,” ujarnya.
Kandungan gas itu menurut Handoko, mengalami penurunan dari hari-hari sebelumnya. Biasanya, kandungan H2S di sekitar semburan mencapai 20-23 (ppm), dan kandungan gas yang mudah terbakar mencapai 5% lebih.
Menurutnya, semburan kecil itu adalah fenomena yang biasa terjadi di sekitar gunung Lumpur. Pihaknya menginterpretasikan kawasan porong sebagai gunung Lumpur, berdasarkan pantauan Grand Penetrasing Radar (GPR).
Menurut pantauan GPR, di sekitar titik 41 tol porong hingga ke barat menuju arah desa Mindi sepanjang sekitar 2 kilometer merupakan puncak gunung lumpur. Di daerah itu, secara alamiah dimungkinkan akan banyak terjadi semburan–semburan kecil. Semburan –semburan itu dapat berhenti dengan sendirinya jika tekanan dari bawah tanah seimbang dan banyak celah untuk jalur keluarnya gas. Sebaliknya, jika tekanan dari bawah tinggi dan tidak ada celah untuk jalan keluarnya gas, maka akan terjadi ledakan. “Tekanan tinggi dari bawah tanah akan terjadi jika ada gesekan kerak bumi,” katanya.
Semburan-semburan kecil di kawasan Desa Mindi banyak diketahui pada dua bulan terakhir. Semburan kecil terakhir diketahui pada 17 Agustus 2007 lalu di lokasi yang sama di sekitar 1,5 kilometer ke utara dari arah semburan utama. *(amd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: