Debit Meningkat, Tutup Jalur Alternatif

RADAR SIDOARJO      Jumat, 14 Sept 2007
SIDOARJO – Akibat debit lumpur yang mengalir di utara tanggul meningkat, tanggul titik 58 di kawasan Perum TAS Kedungbendo kemarin dipenuhi lumpur. Padahal, di tanggul itu hanya terdapat satu over flow yang tidak mampu mengatasi aliran lumpur tersebut.

Luberan itu terjadi pagi dini hari (13/9). Namun, baru diketahui sekitar pukul tujuh pagi. Akibatnya, jalan alternatif menuju Porong tidak bisa dilalui kendaraan. Baik roda empat maupun roda dua.

Humas BPLS Ahmad Zulkarnain membenarkan terjadinya luberan tersebut. Menurut Zulkarnain, timbulnya luberan itu disebabkan debit lumpur meningkat. Sementara, pembuangan ke selatan, yakni Kali Porong, terus berkurang. “Lumpur akhirnya mengarah ke utara. Dampaknya, daerah Kedungbendo penuh, ” ujar Zulkarnain.

Saat ini, pembuangan lumpur di Kali Porong memang tidak segencar dahulu. Debit pembuangan yang dialirkan ke kali tersebut hanya 15 persen dari debit pembuangan waktu lalu. “Pengurangan ini dilakukan karena mendekati musim hujan dan melihat kondisi Kali Porong yang semakin parah,” imbuh Zulkarnain.

Sementara itu, siang kemarin, status udara di sekitar tanggul cincin dinyatakan ekstrawaspada. Sebab, kandungan gas H2S dalam semburan mencapai 23 PPM. Dalam ukuran normal, kandungan gas itu hanya mencapai 20 PPM. “Jika sudah pada posisi bahaya, pekerja di tanggul kami perintahkan berhenti. Sebab, mereka bisa pingsan,” tuturnya.

Zulkarnain juga mengatakan, sebelumnya, ukuran gas H2S di sekitar tanggul sempat mencapai 30-35 PPM. Kandungan gas dalam ukuran itu dianggap bahaya. Sehingga, para pekerja tanggul sempat dievakuasi. “Jika hari ini terjadi lagi, pekerjaan di tanggul cincin harus berhenti,” katanya. (riq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: