Tanggul Lapindo Jebol, Dua Desa Kembali Terancam

Kamis, 13 September 2007 | 13:50 WIB

TEMPO Interaktif, Sidoarjo:Tanggul penahan lumpur Lapindo yang berada di kawasan Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera (Perumtas), Desa Kedungbendo, Porong, Sidoarjo, Jebol, Kamis (13/9) pagi.

Tanggul yang jebol berada di sebelah timur Perumtas atau biasa disebut tanggul titik 25. Akibatnya, lumpur dengan deras mengalir ke arah timur atau mengancam dua desa, Sengon dan Gempolsari, yang berada tepat di sebelah timur dari perumahan tersebut.

Meski aliran lumpur kini masih mengalir dan menggenangi areal persawahan, namun jebolnya tanggul ini sempat membuat panik warga. Apalagi, kawasan perkampungan di dua desa tersebut setidaknya berada tepat di pinggiran sawah.

Jebolnya tanggul setidaknya membuat satu-satunya jalur alternatif penghubung antara Desa Kedungbendo dan Desa Sengon serta Desa Gemposari terputus. Untuk mengantisipasi terus melubernya lumpur, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), siang ini juga terus melakukan upaya penutupan dengan cara menambal dengan pasir dan batu di titik jebolan tanggul.

“Semuanya sudah teratasi. Kami segera menutupnya,” ujar Humas BPLS Ahmad Zulkarnain. Jebolnya tanggul ini, tambahnya, merupakan kejadian biasa akibat terjadinya pemampatan tanah. “Jadi ini tidak ada kaitannya dengan beberapa gempa yang akhir-akhir ini terjadi,” tambahnya.

Rohman Taufiq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: