Minarak Tuntaskan 9.202, Tim Verifikasi Verifikasi 10.370 Berkas

RADAR SIDOARJO Sabtu, 15 Sept 2007
Setelah Deadline Presiden Berakhir
SIDOARJO – Tim Verifikasi BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo) dan PT Minarak terus berpacu meski tenggat (deadline) waktu pembayaran uang muka ganti rugi dari Presiden SBY 14 September sudah terlewati. Berbagai kendala masih menghadang, baik ketidakhadiran warga, ketidaklengkapan berkas, maupun keterlambatan transfer uang muka.

Hingga tenggat 14 September kemarin, PT Minarak menyebutkan telah menargetkan merealisasi 9.317 berkas bidang tanah. Namun, dari target tersebut, transaksi ikatan jual-beli (IJB) hanya menuntaskan 9.202 berkas.

Menurut Koordinator Tim Bidang Sosial PT Minarak Lapindo Jaya Minarak Diaz Raichan, penurunan jumlah berkas yang selesai transaksi IJB itu terjadi karena banyak warga yang tidak memenuhi undangan untuk IJB. “Banyak yang nggak datang IJB,” ujarnya.

Diaz menjelaskan, angka 9.317 berkas itu adalah daftar undangan Minarak kepada warga korban lumpur agar menghadiri transaksi. Banyak warga yang kini tinggal di luar Sidoarjo, bahkan luar pulau. “Nah, itu kendalanya. Sebab, saat penandatanganan IJB, nggak bisa diwakilkan,” tutur Diaz. Dia berharap, 14 September (tadi malam, Red) ada tambahan signifikan dalam transaksi IJB. Minarak menargetkan 325 berkas susulan dengan undangan baru.

Di bagian lain, informasi dari Tim Verifikasi BPLS menyebutkan, jumlah berkas yang masuk ke tim verifikasi sampai 14 September mencapai 11.051 berkas.

Berkas yang masuk sampai deadline penyerahan berkas ke tim verifikasi 31 Agustus lalu mencapai 10.854 berkas. ” Sebanyak 10.370 berkas di antara angka yang masuk pada 31 Agustus itu sudah terverifikasi,” ujar Didik, salah seorang staf di kantor tim verifikasi kemarin.

Warga mempertanyakan kelambatan pencairan uang muka bagi yang sudah selesai IJB. Salah satunya Atmaja, warga RT 05 RW 13, Perum TAS. Dia mengaku sudah menandatangani IJB pada 6 September dan berhak atas uang muka sekitar Rp 35 juta. “Tapi, sampai sekarang, uang itu belum cair juga. Padahal, dulu Minarak janji cuma seminggu bisa cair,” ujarnya.

Menanggapi itu, Vice President PT Minarak Andi Darussalam Tabusalla menyatakan berupaya mengejar target jumlah berkas yang seharusnya sudah IJB pada 14 September sesuai dengan instruksi presiden. “Sekarang kami berusaha merampungkan. Kami berupaya sebanyak-banyaknya. Akan kami kerjakan terus sampai hari berganti tanggal 15 (September, Red),” tandasnya.(sat)

Iklan

One Response to Minarak Tuntaskan 9.202, Tim Verifikasi Verifikasi 10.370 Berkas

  1. yung berkata:

    Yth Bp Diaz,coba perbaiki kinerjanya walau tenggat waktu yang ada sudah lewat.hal ini jangan jadi alasan pemrosesan data dan realisasi transfer IJB molor dan berlarut-larut.
    Saya seperti yang dialami mas Atmaja,sesama warga TAS yang sudah melakukan IJB jumat 7 september tetapi sampai saat ini belum juga terima transfer 20% ganti rugi,posisi saya diJKT,butuh biaya dan waktu banyak kalau harus ngurus kembali kesidoarjo……dari dulu capek selalu nunggu janji LAPINDO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: