Jasa Tirta I Menolak Gelontori Endapan Lumpur Lapindo

Rabu, 19 September 2007 | 10:42 WIB

TEMPO Interaktif, Malang:Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang menyatakan tidak akan menggelontori endapan lumpur buangan PT Lapindo Brantas di Kali Porong, Sidoarjo. Alasannya, cadangan air untuk musim kemarau di Jawa Timur tidak mencukupi untuk melakukan penggelontoran.

Cadangan air selama musim kemarau di Jawa Timur mencapai 85,13 juta meter kubik. Alokasi cadangan air tersebut untuk memenuhi kebutuhan irigasi, air baku mutu, dan industri. “Cadangan air tak dialokasikan untuk penggelontoran,” kata Sekretaris Perum Jasa Tirta I Malang, Harianto, Rabu (19/9).

Menurut Harianto, Perum Jasa Tirta I sudah seringkali melakukan penggelontoran, tetapi hasilnya tidak optimal. Penyebabnya, karena hasil pembuangan lumpur Lapindo ke Sungai Porong juga mulai mengering.

Dari hasil pantauan lumpur di Sungai Porong terlihat tinggi jatuh lumpur semakin pendek karena telah melebihi dasar rencana sungai. Dampak pembuangan tersebut mengakibatkan lumpur semakin meluas, dan terjadi penumpukan di satu lokasi. Akibatnya, elevasi muka air di bagian hulu mulai menurun. Untuk mengindari penurunan elevansi muka air, pembuangan lumpur diusahakan tidak menumpuk di satu tempat.

Untuk mengatasi endapan lumpur di Kali Porong, Gubernur Jawa Timur Imam Utomo sudah meminta PT Lapindo Brantas agar segera melakukan pengerukan. Tim Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) rencananya akan mendatangkan kapal keruk dan eskavator untuk mengeruk lumpur. Pengerukan dilakukan dengan cara meratakan endapan lumpur yang berada di satu lokasi agar tidak melebihi dasar rencana sungai.

Bibin Bintariadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: