BPLS Siapkan Jalur Mudik Alternatif di Atas Tanggul Lumpur

Selasa, 02 Oktober 2007  20:35:00
Sidoarjo-RoL– Untuk mengurangi kemacetan di Jalan Raya Porong saat arus mudik dan balik Lebaran, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) akan membuka jalur mudik alternatif yang baru yakni di atas tanggul.

Humas BPLS Ahmad Zulkarnaen, Selasa, jalur alternatif tanggul ini akan melewati jalur di atas tanggul mulai tanggul di Desa Ketapang, Siring, Jatirejo, Mindi, kemudian keluar Desa Besuki, Kecamatan Jabon sampai ke eks tol Gempol.  Selain itu, pengendara bisa juga dari Desa Mindi, kemudian keluar di depan Pasar Porong.

“Jalur alternatif di atas tanggul rencananya akan kami buka, H-7 sampai H+7 Lebaran. Tapi, hanya kendaraan pribadi jenis sedan dan MPV serta roda dua saja yang boleh lewat,” katanya.

Menurut Humas yang akrab disapa Izul itu, jalur alternatif tanggul ini merupakan alternatif tambahan bagi pemudik. Sebab, mereka bisa juga melewati jalur alternatif yang ada disisi timur dan barat Jalan Raya Porong, yang disiapkan Pemkab Sidoarjo.

Jalur alternatif mudik yang selama ini disiapkan Pemkab Sidoarjo (sisi timur Porong) yakni mulai Desa Kalitengah – Gempolsari – Renokenongo – eks tol Gempol dan sebaliknya. Sementara jalur alternatif (sisi barat Porong) yaitu melewati kawasan Intako (Industri Tas dan Koper) Tanggulangin- Juwetkenongo sampai depan Pasar Porong.

Kasat Lantas Polres Sidoarjo, AKP Andi Yudianto, mengatakan, dibukanya jalur alternatif oleh BPLS itu bisa memecah kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Porong. “Tapi yang perlu diperhatikan adalah keamanan pengendara. Kalau aman bagi pengendara, kami mempersilakan, tapi kalau tidak aman untuk dilewati, ya sebaiknya jangan dilakukan,” katanya.

Andi juga mendesak agar jalur alternatif itu segera dipasang rambu penunjuk jalan. Sebab, jika tidak ada rambu-rambu penunjuk jalan, akan menyulitkan pengendara yang lewat. antara/abi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: