LAPINDO KEMBALI DIDEMO AKIBAT LAMBATNYA PROSES GANTI RUGI

MEDIA CENTER :Rabu, 3 Oktober 2007 15:37:27
Lapindo Brantas Inc (LBI) kembali didemo akibat lambatnya memproses ganti rugi 20% lahan dan bangunan milik korban lumpur. Kali ini, sekitar 100 orang gabungan dari warga dan pengusaha dari Desa Jatirejo, Renokenongo, dan Siring yang belum mendapat giliran pemanggilan proses ganti rugi, berunjuk rasa di tanggul Jatirejo.


Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Ahmad Zulkarnain saat dikonfimasi di lokasi, Rabu (03/10) mengatakan, unjuk rasa di sekitar lokasi tanggul Jatirejo telah membuat kemacetan lalu lintas Raya Porong. Namun demikian, setelah diadakan negosiasi dengan BPLS sekitar pukul 12.00 WIB, mereka sepakat bahwa warga mau menunggu ganti rugi 20% dan melengkapi surat-surat lahan dan bangunannya untuk diverifikasi.
Hingga kini, kata Zulkarnain, proses ganti rugi masih berlangsung sehingga warga tidak perlu takut jika nanti lahannya yang sudah terendam lumpur tidak dibayar.
Proses ganti rugi kini mulai menunjukkan kelancaran. Untuk Desa Siring saja, kini tinggal 40 bidang lahan yang belum dibayarkan. Sedangkan hingga kemarin, bangunan, sawah, lahan, yang sudah diselesaikan 11.200 bidang. “Jika diperkirakan lahan yang terkena dampak lumpur seluas 12.000 bidang, berarti sudah 90% yang sudah terselesaikan. Sementara sisa ganti rugi 80% akan dibayarkan mulai Juni 2008,” ujar Zulkarnain.
Unjukarasa ini memang sempat memacetkan Raya Porong sekitar 2 hingga 3 km dari arah Surabaya-Malang, yakni mulai stasiun Tanggulangin hingga jembatan Porong. Kondisi ini membuat pengguna jalan dan angkutan memakai jalan alternatif, yakni melalui Tanggulangin ke arah Watukosek.

Rel Porong
Selama arus mudik, PT KAI Daops VIII telah menyiapkan enam petugas untuk memantau kondisi rel selama 24 jam. Petugas dibagi dalam tiga shift, dimana setiap shift terbagi dua orang untuk memeriksa rel mulai Tanggulangin hingga Porong.
Humas PT KAI Daops VIII, Sudarsono mengatakan, selama bertugas mereka akan memantau dan memeriksa rel setiap dua jam sekali. Dengan diturunkannya petugas tersebut, berdasarkan pantauan hingga saat ini, rel dalam kondisi aman dan lancar.
Adapun kereta-kereta yang akan melewati rel itu, yakni kereta jurusan Banyuwangi seperti Mutiara Timur, Sri Tanjung dan Logawa. Selain itu juga kereta Cantik Jurusan Jember dan ekspres Malang.
Pada Oktober ini, Kata Sudarsono, akan dimulai pembangunan fisik jalur kereta antara Sidoarjo, Japanan, Gunung Gangsar sampai Bangil, sepanjang 20 km. Rel-rel tersebut sebenarnya bukan rel baru, namun rel lama yang sudah lama tak terpakai. ”Jika semua lancar, rencana 2008 akan diuji coba,” kata Sudarsono. *(ryo,sti)

Satu Balasan ke LAPINDO KEMBALI DIDEMO AKIBAT LAMBATNYA PROSES GANTI RUGI

  1. Australia visa mengatakan:

    I got all my dreams true in Australia, i didnt came across like this spot in my life…. i feel the beauty of nature there. I missing lot this Australia with this tourist visa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: