Pengusaha Tagih Janji Lapindo

RADAR SIDOARJO      Kamis, 04 Okt 2007
SIDOARJO – Kalangan pengusaha korban lumpur Lapindo benar-benar kehilangan kesabaran. Mereka berunjuk rasa untuk menagih janji pembayaran ganti rugi aset yang tenggelam akibat banjir lumpur panas. Pengusaha bergabung dengan korban lumpur yang juga belum dibayar.

Demo pengusaha itu kemarin dilakukan dengan memblokade pintu masuk tanggul di kawasan Siring. Direktur PT Sari Inti Pratama (SIP) Hendri Pratama bersama warga memblokade jalur menuju pusat semburan lumpur dan rel KA Siring.

Hendri mengaku belum menerima ganti rugi penuh atas perusahaannya. Padahal, beberapa perusahaan sudah menerima penuh dari Lapindo. Hendri mengaku sudah menerima pembayaran 20 persen tahap pertama dan 10 persen tahap kedua. “Perusahaan saya belum diganti penuh,” katanya kemarin.

Hendri mengaku ditawari harga per meter tanah hanya Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. “Kalau ditawar dengan harga itu, kami tidak akan mau,” ujarnya. Saat memblokade jalan, Hendri dibantu puluhan warga Siring yang berunjuk rasa menuntut realisasi ganti rugi lahan mereka. Ada 30 orang yang mengaku sudah tanda tangan, tapi uang belum masuk rekening. “Padahal, kami tanda tangan sejak 15 Agustus 2007 lalu, ” kata Bambang, salah satu warga.

Selain 30 orang itu, tambah Bambang, ada seorang warga yang belum dipanggil untuk menandatangani berkas sehingga tidak menerima uang muka 20 persen.

Humas BPLS Achmad Zulkarnain pun kelabakan. Sebab, jalan Siring merupakan jalur utama masuk ke pusat semburan. “Jalur ini merupakan jalur utama. Jika diblokade, kami akan sulit,” tegas Zulkarnain.

Dia meminta warga tidak berlama-lama memblokade jalur tersebut. Sebab, blokade akan mengganggu proses antisipasi luapan di tanggul cincin. Seluruh aktivitas di sekitar Jatirejo kemarin berhenti total.

Staf Humas PT Lapindo Brantas Inc Asip Hasani menganggap persoalan itu muncul karena negosiasi antara pengusaha dan Lapindo belum selesai. Namun, dirinya menjamin ganti rugi yang dilakukan melalui business to business akan dipenuhi Lapindo. “Kami tidak akan lari dari tanggung jawab. Janji yang telah kami buat akan kami tepati,” tegasnya. (riq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: