BPLS Yakin Tanggul Aman

RADAR SIDOARJO     Senin, 08 Okt 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) terus bekerja keras memperkuat tanggul-tanggul penahan lumpur untuk mengantisipasi keamanan menjelang Lebaran. Polres Sidoarjo mempersiapkan jalur alternatif bagi pemudik ke kawasan timur dan selatan Jawa Timur.

Humas BPLS Ahmad Zulkarnaen menjelaskan, saat ini tanggul di kawasan Siring diperkuat hingga setinggi 7 meter. Ketinggian tanggul terus ditambah hingga mencapai 11 meter. Lebar bawah setebal 30 meter dan lebar atas 5 meter. “Kami ingin mengantisipasi berbagai kemungkinan sejak awal,” ujar Zulkarnaen.

Dengan kondisi tanggul itu, lanjut dia, Jalan Raya Porong dan rel KA diharapkan tidak terganggu. Area pond lumpur di bagian dalam tanggul juga masih cukup luas. Jika terjadi luberan lumpur dari pusat semburan, daya tampung pond masih cukup.

Zulkarnaen menyatakan, pembuangan lumpur kali itu dialirkan ke Kali Porong melalui spillway. Kali Porong dianggap masih mampu. Selain itu, ada pond di bagian utara pusat semburan yang masih bisa dibuangi lumpur. “Semua kemungkinan terburuk kami antisipasi,” jelasnya.

Kasatlantas Polres Sidoarjo AKP Andi Yudianto menyatakan, persiapan jalur alternatif untuk para pemudik makin matang. Jalur alternatif itu, antara lain, jalur timur pusat semburan. Rutenya bisa dimulai dari berbagai tempat, seperti jalan lingkar timur, Pasar Ngaban, atau Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin (peta lihat grafis).

Jalur tersebut bisa digunakan untuk menghindari kemacetan Jl Raya Porong menuju Malang atau Probolinggo atau Banyuwangi. Jalur lain yang bisa dipilih pemudik dari arah Surabaya ialah jalur alternatif Krian-Prambon-Mojosari.

Sementara itu, enam anggota Fraksi Partai Demokrat (PD) DPR membagikan sembako kepada 270 kepala keluarga (KK) korban lumpur di SLB C Darma Pendidikan, Kecamatan Candi. Mereka adalah Soekartono, Ahmad Fauzi, E.E. Mangindaan, Albert Saputra, Mulyono, dan Denny Sulthoni.

Soekartono mengatakan akan mengawal perjuangan warga untuk mendapatkan sisa ganti rugi 80 persen. “Kami selalu mendampingi supaya proses ganti rugi selanjutnya bisa berjalan dengan baik,” tandasnya. (riq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: