Kapal Keruk Lumpur Kali Porong Mulai Diturunkan

09/10/07 19:14Sidoarjo (ANTARA News) – Kapal keruk kedua untuk mengurai endapan lumpur Lapindo di Kali Porong yang didatangkan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) dari Prigi, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa, mulai diturunkan ke Kali Porong.


Meski sudah berada di Kali Porong, namun kapal keruk dengan kekuatan 670 PK tersebut belum bisa beroperasi, karena masih ada beberapa tahap akhir yang belum diselesaikan sebelum kapal difungsikan untuk mengurangi endapan lumpur di Kali Porong itu.

Sebelumnya, kapal keruk pertama sudah berada di Kali Porong, namun juga belum bisa dioperasikan, karena masih ada kerusakan teknis (mesin).

Diharapkan kedua kapal keruk yang sudah siap di Kali Porong tersebut segera bisa dioperasikan mengingat kondisi endapan lumpur di Kali Porong semakin parah mencapai sekitar empat meter sepanjang 500 meter lebih.

Humas BPLS Achmad Zulkarnain menyatakan kapal keruk kedua itu berhasil diturunkan ke Kali Porong, Selasa, setelah pekerja menjebol tanggul untuk akses kapal menuju Kali Porong.

“Para pekerja sekarang ini langsung menutup kembali tanggul yang dijebol sebagai antisipasi agar tidak terjadi banjir di kawasan permukiman di sisi selatan Kali Porong,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa bagian akhir kapal keruk yang belum terpasang dan itu akan diselesaikan dalam beberapa hari ini di Kali Porong. Setelah itu, keduanya siap untuk dioperasikan.

Pihaknya optimis kedua kapal keruk milik Balai Besar Brantas ini akan mampu mengurangi endapan lumpur yang kini sudah mencapai ketebalan sekitar empat meter. “Kami tetap berupaya agar endapan lumpur ini bisa berkurang,” tambahnya. (*)

Copyright © 2007 ANTARA

Iklan

2 Responses to Kapal Keruk Lumpur Kali Porong Mulai Diturunkan

  1. itok berkata:

    Kapan mulai di KERUK……?
    BPLS lambat menangani.

  2. usil berkata:

    Bener2 menjadi lahan bisnis ditengah penderitaan rakyat Sidoarjo.
    Apa di BPLS gak ada ahli etung baik tehnis maupun ekonomis?
    Ampuuuun Gusti!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: