Lumpur Lapindo Meluber

SIDOARJO,KOMPAS – Lumpur meluber dari tanggul kolam penampungan lumpur di titik 42 atau berada di Desa Renokenongo, Porong, Sidoarjo sekitar pukul 22.00, Minggu (14/10). Lumpur meluber karena turunnya tanggul sebagai akibat penurunan permukaan tanah.

Kepala Humas Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Lumpur di Sidoarjo (BP BPLS), Achmad Zulkarnain, Senin (15/10), mengatakan pada Sabtu (13/10) terjadi retakan yang memanjang di titik tanggul 42 dengan lebar sekitar satu sentimeter.

Pada saat itu, jarak antara tinggi permukaan genangan lumpur dengan puncak tanggul kolam penampungan lumpur masih sekitar 50 sentimeter. “Kemarin siang (Minggu (14/10)), jarak antara tinggi genangan dengan puncak tanggul juga masih sekitar 50 sentimeter,” tambahnya.

Dengan masih adanya jarak antara genangan dan puncak itulah, dia tidak percaya saat diberitahu lumpur meluber dari tanggul di titik 42 pada Minggu malam. “Berarti terjadi penurunan permukaan tanah tiba-tiba di titik tanggul itu,” ucap Zulkarnain.

Tinggi tanggul di titik 42 atau yang berlokasi di samping bekas jalan tol Porong-Gempol itu mencapai 11,3 meter dengan ketebalan tanggul sekitar tiga meter. Pada Minggu malam, lumpur meluber sepanjang sekitar sepuluh meter pada tanggul di titik 42.

Luberan lumpur ini membuat bekas jalan tol Porong-Gempol yang digunakan sebagai salah satu jalur alternatif dari Jalan Raya Porong, Sidoarjo terendam lumpur dan tak dapat digunakan.

Selain itu, lumpur merendam halaman sekolah Taman Kanak-kanak, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah Kholid Bin Walid dan salah satu ruang kelas yang digunakan untuk murid kelas satu MI Kholid Bin Walid. Tinggi genangan sekitar lima sampai 10 sentimeter.  “Untungnya hal ini terjadi pada waktu murid sedang libur, sehingga kegiatan belajar-mengajar tidak terganggu. Selama masih libur ini, kami berupaya mengeluarkan lumpur dari ruang kelas, sehingga saat murid masuk tanggal 22 Oktober kelas dapat digunakan,” kata Mashudi, Kepala Sekolah MI Kholid Bin Walid. (APA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: