Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk untuk Lumpur Sidoarjo

30/10/07 17:24 Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah telah menyiapkan masterplan (rencana induk) skenario terburuk dalam mengatasi semburan lumpur di Sidoarjo, Jatim, apabila ternyata upaya penghentian semburan tidak juga berhasil.


“Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) telah melakukan antisipasi jika upaya menutup lubang semburan gagal sampai bertahun-tahun,” kata Menteri PU, Djoko Kirmanto dalam penyelenggaraan kongres Ikatan Ahli Perencana (IAP) di Jakarta, Selasa.

Pemerintah, kata Djoko, telah menyiapkan tiga opsi untuk menghadapi skenario paling buruk, pertama, memberi pagar di area lumpur untuk memaksa alirannya ke laut, kedua, memasukan lumpur ke kali Porong untuk di buang ke laut.

Sementara untuk opsi ketiga saat ini tengah dilakukan pengkajian dengan tenaga ahli dari luar negeri untuk membuat sistem perpipaan guna membuang lumpur ke laut, jelas Djoko.

Namun, kata Djoko, pemerintah cenderung untuk mengambil opsi ke dua membuang lumpur ke Kali Porong melalui proses pengaduka sehingga memudahkan untuk membuang ke laut.

“Langkah ini hanya bisa dilaksanakan saat debit air cukup banyak yakni ketika musim hujan, sementara saat kemarau lumpur akan ditampung terlebih dahulu,” kata Djoko.

Terkait dengan pembuangan lumpur ke Kali Porong, pemerintah telah menyiapkan dua kapal keruk, nantinya akan ditambah tiga lagi sehingga menjadi lima. Tambahan tiga kapal keruk dari Pulau Bangka (PTB Timah) serta dua dari Balai Besar Wilayah Sungai Brantas.

Sementara itu anggota Komisi V DPR-RI Nusyirwan Soedjono mengatakan, pemerintah harus berani menyampaikan kepada masyarakat besaran kerugian akibat dampak lumpur dalam jangka panjang.

“Termasuk dalam hal ini memberikan pengertian kepada masyarakat yang tinggal dalam radius tertentu mengenai dampak yang diakibatkan. Pemerintah juga harus merencanakan kemana mereka harus dipindahkan,” ujarnya.

Terkait hal itu Nusyirwan mengatakan, pemerintah sudah sepatutnya merombak tata ruang di Surabaya dan Sidoarjo sebagai akibat dari lumpur kalau tidak penanganannya masih parsial seperti sekarang ini.

“Pemerintah terkait dengan perubahan tata ruang itu harus berani menyampaikan kepada masyarakat karena berari akan ada relokasi besar-besaran. Kalau saya melihat dampaknya akan berjangka panjang,” ucapnya.(*)

Copyright © 2007 ANTARA

Iklan

4 Balasan ke Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk untuk Lumpur Sidoarjo

  1. Tonas berkata:

    Kalau membaca Skenario dr Pemerintah, kami jadi bertanya-tanya apakah dengan membuang Lumpur ke Laut itu merupakan sudah langkah MATI dari cara kerja Pemerintah …???? Apa tidak ada langkah lain lagi yang bisa meredam atau syukur-2 menyelesaikan luapan lumpur…??? Kalau emang begitu kami malah bertanya dan mungkin bersiap-siap akan ada-nya BENCANA susulan apa lagi setelah lumpur ini sampai ke Laut…???.
    Oleh sebab itu kami yang bodoh ini coba berandai-andai dan mengingatkan apakah nggak bisa kalau lumpur tersebut di kembalikan lagi ke asalnya, yaitu : Perut bumi, melalui proses injection seperti cara injection yang biasa di lakukan oleh perusahaan pengeboran minyak atau gas kalau mereka mengambil minyak atau gas. Padahal dulu kalau tidak salah pernah di singgung dan akan di skenariokan oleh TIMNAS Penanggulangan Lumpur, kalau lumpur ini tidak bisa di buang ke Sungai Porong. Mudah-2 para Pakar Injection bisa memberikan Inspirasi buat BPLS.

  2. MAs KArebet berkata:

    “Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk untuk Lumpur Sidoarjo”
    ==============================================

    🙂 Kok disiapkan melulu sih ? 🙂

  3. Pramono berkata:

    Pemerintah kapan mulai berani atau bisa mengumumkan batasan area aman dari dampak lumpur, baik langsung atau jangka panjang akibat penurunan tanah.

  4. Mary Beth berkata:

    I have been so intrigued by this problem, the hard work, the toll on the human ecology and the possible solutions that I’ve linked to your blog on my blog.

    Any chance of just a few notes in English for each blog entry? I wish I could understand your language!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: