Pembuangan Lumpur di Kali Porong Disetujui Presiden

02-Nov-2007 Pembuangan Lumpur di Kali Porong Disetujui Presiden Pengirim: Suparno – DetikSurabaya Sidoarjo – Lapindo Brantas Inc merasa keberatan dengan tuntutan-tuntutan warga yang meminta agar pengaliran lumpur Sidoarjo ke Kali Porong dihentikan.

  <!– –> Sidoarjo – Lapindo Brantas Inc merasa keberatan dengan tuntutan-tuntutan warga yang meminta agar pengaliran lumpur Sidoarjo ke Kali Porong dihentikan.

Pasalnya, jika lumpur dibiarkan akan terjadi subsidence (ambles) di sekitar pusat semburan dengan radius cukup luas.

Selain itu, pengaliran lumpur itu tercantum dalam Peraturan Presiden No 14/2007.
“Presiden membuat keputusan itu tidak sembarangan. Tentunya sudah berdasarkan pertimbangan masak-masak,” ujar Direktur Operasional Minarak Lapindo Jaya (MLJ), Bambang Prasetyo Widodo di Sidoarjo, Kamis (1/11/2007).

Saat ini, selain mendapat tugas membayar transaksi warga terdampak, pihak MLJ juga diminta untuk mengalirkan lumpur dari pusat semburan ke Kali Porong.

Menurut Wiwid, panggilan akrab Bambang Prasetyo Widodo, tuntutan warga yang meminta agar pengaliran lumpur dihentikan juga akan berdampak lebih besar lagi.

“Bila lumpur tidak dialirkan ke Kali Porong, maka lumpur akan menjadi beban bumi di sekitar Porong. Jika sudah begitu, saya mengutip para ahli geologi akan terjadi subsidence (tanah ambles),” lanjut Wiwid.

Mestinya, semua pihak termasuk warga ikut mendukung upaya pengaliran lumpur. Bukan malah menuntut agar lumpur distop dialirkan.

“Justru sekarang yang penting adalah bagaimana lumpur yang sudah berada di Kali Porong bisa segera dikeruk dan dialirkan. Dan BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo, red), kini sudah menyediakan kapal keruk dan alat lainnya,” lanjut Wiwid lagi.

Saat ini, kata dia, di Kali Porong terdapat dua kapal keruk. Kapal-kapal tersebut sudah dioperasikan. Dan rencananya akan ditambah dua lagi.

Pihaknya berharap semua pihak harus sabar. “Jangan dikira kita semua tidak berpikir keras dan menyiapkan langkah untuk menghadapi musim hujan,” katanya

Satu Balasan ke Pembuangan Lumpur di Kali Porong Disetujui Presiden

  1. Tonas mengatakan:

    kalau mengalirkan lumpur ke Kali porong diatur Perpres No. 14 th 2007, tertulis di pasal berapa…???, dan bagaimana bunyinya…????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: