Lumpur Terpaksa Dibuang ke Kali Porong, Tanggul Kembali Kritis

Monday, 05 November 2007 Sidoarjo – Surya
Meski pembuangan lumpur panas ke Kali Porong masih menimbulkan perdebatan, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), terpaksa mengalirkan lumpur ke Kali Porong, Minggu (4/11) mulai pukul 02.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.
Langkah ini terpaksa ditempuh, menyusul kondisi beberapa titik tanggul sangat kritis setelah aliran lumpur dilairkan ke Utara, Barat dan Timur pusat semburan.

Humas BPLS Akhmad Zulkarnain mengatkan, pembuangan Lumpur ke Kali porong itu dilakukan karena pertimbangan kondisi tanggul, serta rel KA dan Jalan Raya Porong. Selain itu, tanggul titik 10 di Desa Siring sudah over topping  karena aliran lumpur terus bertambah.

“Kami sudah kordinasi dengan warga setempat, kalau lumpur tidak dialirkan ke Kali Porong sementara volume lumpur di kolam penampungan terus bertambah, resikonya tanggul jebol,” kata Zulkarnain, Minggu (4/11). Sebenarnya, sejak beberapa hari ini kondisi tanggul mulai kritis, namun untuk sementara masih kuat menahan desakan lumpur panas. “Pembuangan itu hanya sesaat saja, agar tanggul tetap aman,” tambahnya.

Setelah dua jam dibuang ke Kali Porong, tambah Zulkarnaen, pembuangan akhirnya kembali dihentikan. Pihaknya juga meninggikan sejumlah tanggul yang dianggap kritis. “Untuk normalisasi terus jalan agar endapan lumpur berkurang, mudah-mudahan dalam seminggu ini normalisasi sudah membuahkan hasil,” paparnya. iit
http://www.surya.co.id/web/index.php?option=com_content&task=view&id=24925&Itemid=82

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: