Sawah Terimbas Lumpur, Tuntut Ganti Rugi

RADAR SIDOARJO      Rabu, 07 Nov 2007
SIDOARJO – Ratusan warga Desa Besuki, Kecamatan Jabon, memblokade bekas jalan tol Km 40 dan menghalangi kendaraan proyek BPLS masuk ke kawasan lumpur kemarin (6/11). Mereka menuntut PT Lapindo membayar ganti rugi atas kegagalan panen sawah mereka akibat terimbas lumpur.

Sekitar pukul 07.30, warga berkumpul di bekas jalan tol, tepatnya di bawah jembatan tol. Mereka menguruk jalan, lalu berorasi bergantian. Sebagian mendirikan tenda di tengah jalan. Anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan, berbaris menghadang kendaraan proyek yang hendak lewat.

Warga meminta ada ganti rugi untuk sawah mereka. Menurut warga, sudah 15 bulan ini sawah mereka tidak bisa lagi ditanami karena terimbas lumpur. Luas tanah warga itu mencapai sekitar 30 hektare. Sebagian malah sudah ditanggul.

“Kami sudah mengirim surat ke Lapindo. Tapi, sampai sekarang tidak ada jawaban pasti,” kata Adib Rosyadi, wakil warga. Adib mengatakan, daerahnya tidak masuk peta area terdampak lumpur. Namun, kenyataannya, sawah-sawah warga sudah tidak bisa ditanami karena terkena lumpur.

Kepala Pokja Kompensasi Sosial Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Priambodo menyatakan akan berusaha menengahi persoalan tersebut. Dia berjanji menyampaikan ke Pansus Lumpur untuk diadakan pertemuan yang melibatkan warga, Lapindo, dan BPLS. “Kami akan menjembatani keinginan warga,” kata Priambodo.

Secara terpisah, Kepala Divisi Humas PT Lapindo Brantas Yuniwati Teryana mengatakan, Lapindo akan mengomunikasikan tuntutan itu kepada BPLS. “Kami akan bicarakan dulu dengan BPLS menyangkut dampak sosial di luar area peta terdampak, ” terangnya.

Menurut dia, sesuai dengan amanat pemerintah melalui Perpres No 14 Tahun 2007, Lapindo tidak menangani segala dampak sosial kemasyarakatan di luar peta area terdampak. (riq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: