Tanggul Kritis, BPLS Buang ke Kali Porong

RADAR SIDOARJO   Senin, 05 Nov 2007
SIDOARJO – BPLS berpikir keras menentukan prioritas penanganan luberan lumpur. Kemarin, BPLS terpaksa membuang lagi lumpur ke Kali Porong. Itu dilakukan karena kondisi tanggul di kawasan Siring kritis. Jika tidak dilakukan, tanggul terancam jebol sehingga membahayakan Jl Raya Porong dan permukiman.

Menurut Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Achmad Zulkarnain, pembuangan lumpur ke Kali Porong dilakukan selama dua sampai tiga jam. Dia mengatakan sudah meminta izin tokoh masyarakat sekitar kali.

“Jika tidak dialirkan, tanggul akan kritis. Dan, keselamatan warga bisa terancam,” katanya. BPLS, kata Zulkarnain, terpaksa mengambil langkah tersebut. Sebab, debit lumpur dari pusat semburan terus meningkat. Di sisi lain, kolam penampungan (pond) makin penuh. Tanggul di kawasan Siring, yakni titik 10 sampai 16, sudah tidak mampu menampung lumpur. Akibatnya, lumpur meluber (overtopping). Permukaan tanggul menyempit. Truk pembawa material tidak bisa masuk.

BPLS, kata Zulkarnain, sudah mencoba langkah lain. Yaitu, membuat tambahan overflow di tanggul cincin. Namun, pemasangan overflow butuh waktu lama, kalah cepat dengan kenaikan debit lumpur. Karena itu, BPLS memutuskan menjebol tanggul titik 44 untuk mengalirkan lumpur ke arah utara.

Apa akibat pembuangan lumpur selama dua jam ke Kali Porong? Pembuangan itu tidak memengaruhi kondisi Kali Porong. Aliran Kali Porong kemarin tampak lancar karena debit air cukup besar. Arus air juga tampak lebih lebar dari biasanya, yakni 10 meter menjadi sekitar 20 meter. Namun, sedimentasi masih tampak di tepi sungai, terutama dekat spillway. “Kalau hanya beberapa jam, itu tidak memengaruhi kali,” ucapnya. (riq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: