Kapal Keruk Disusun secara Estafet

RADAR SIDOARJO      Jumat, 09 Nov 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) terus meningkatkan kekuatan guna menormalisasi Kali Porong. Bekerja sama dengan Perum Jasa Tirta, BPLS mendatangkan lagi kapal keruk ketiga dan berencana menambahnya lagi hingga empat kapal.

Kapal keruk Water Cooled itu didatangkan dari Karangkates, Malang, dengan kemampuan 570 house power (HP).Menurut staf Divisi Jasa Umum Jasa Tirta Setyo Pernomo, kapal segera dirakit dalam waktu sekitar sepuluh hari. Sebelumnya, kapal tersebut digunakan untuk mengeruk lumpur di Waduk Karangkates, Malang.

Setyo menyebutkan, ada tujuh kapal keruk milik Jasa Tirta yang tersebar untuk proyek pengerukan endapan di Indonesia. “Tiga kapal sudah berada di Porong. Empat lainnya masih menyebar,” katanya.

Humas BPLS Achmad Zulkarnain menyatakan lega dengan tambahan kapal keruk tersebut. Dia berharap agar alat berat itu bisa segera dioperasikan untuk mempercepat normalisasi Kali Porong. Menurut dia, sistem kerja tiga kapal keruk tersebut akan dibuat secara estafet. Artinya, kapal diletakkan secara berjajar dari barat ke timur.

Tujuannya, lumpur tidak berhenti di satu titik, tetapi bisa tergerus sampai ke arah muara. Jarak antara kapal satu dan yang lain akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jarak antara lokasi pembuangan lumpur di spillway hingga ke muara diperkirakan mencapai 14 kilometer. “Kapal itu akan diletakkan secara berurutan agar sedimentasi terbuang jauh ke muara, ” jelasnya.

Zulkarnain menyatakan, BPLS masih menunggu satu kapal keruk lagi. Tambahan kapal itu direncanakan dari tambang timah milik salah satu badan usaha milik negara (BUMN). Rencananya, kapal keempat diletakkan di muara. Proses administrasi kapal keruk keempat sedang diproses. “Semoga saja cepat selesai,” ujarnya. (riq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: