Bubble Ke-73, Kandungan Gas Tinggi

RADAR SIDOARJO      Sabtu, 10 Nov 2007
SIDOARJO – Warga Desa Pejarakan, Kecamatan Jabon, dikejutkan munculnya gelembung (bubble) baru di sawah dekat permukiman warga setempat. Bubble itu mengandung gas cukup tinggi, yaitu 25 persen, dan dinyatakan mudah terbakar.

Menurut Wisnu, anggota Tim H2S Engineer Fergaco, kadar gas (low explosive limit) bubble baru tersebut 25 persen. Itu menunjukkan gas mudah terbakar. “Normalnya di bawah 10 persen,” katanya.

Wisnu mengaku menemukan sesuatu yang berbeda daripada bubble-bubble sebelumnya. Bubble baru itu tidak mengeluarkan hydrogen sulfida (H2S) seperti yang lain, melainkan gas. Namun, hingga kemarin (9/11), Fergaco masih menunggu perkembangan selanjutnya.

“Mungkin waktu diperiksa, gas H2S belum keluar, ” ujarnya. Dia meminta agar warga di sekitar lokasi tetap berhati-hati dan menghindarkan api di tempat tersebut.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Achmad Zulkarnain mengatakan, bubble baru itu muncul sejak Kamis (8/11). Warga sempat takut karena air yang keluar dari bubble tersebut mudah terbakar. “Untuk mengamankan, kami memasang police line dan melarang warga bermain api di sekitar semburan baru,” ujarnya.

Bubble itu, menurut Zulkarnain, merupakan bubble ke-73. Diameter bubble sekitar 50 cm dan tidak rutin. Setiap lima menit sekali muncul, kemudian berhenti. “Lama semburan sekitar 5-10 menit. Setelah itu, berhenti sekitar 15 menit, ” tambahnya. (riq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: