Bangun Drainase dan Perkuat Tanggul

RADAR SIDOARJO      Selasa, 04 Des 2007
Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) bekerja keras dalam menghadapi musim hujan kali ini. BPLS segera membangun drainase baru serta terus memperkuat tanggul di kawasan sekitar lumpur.

Pembuatan drainase itu berawal dari kondisi Jl Raya Porong yang digenangi air cukup tinggi setelah diguyur hujan pada Minggu (2/12). Menurut Humas BPLS Ahmad Zulkarnain, hal itu terjadi karena drainase sudah lama tertutup. Karena itu, drainase baru harus dibuat agar tidak terjadi genangan air. “Kami sudah mengukur lokasi. Jika selesai, drainase segera dibangun,” kata dia.

Menurut Zulkarnain, drainase itu dibangun memanjang sejak kawasan Mindi, Kecamatan Porong, Siring, hingga Ketapang, Kecamatan Tanggulangin. “Saluran lama sudah terendam lumpur. Makanya perlu baru,” tambahnya.

Lokasi drainase baru tersebut, lanjut Zulkarnain, di antara rel dan tanggul. Panjang saluran diperkirakan mencapai dua kilometer. Lebar dan kedalamannya mencapai satu meter. Dengan begitu, air dari jalan raya dialirkan melalui bawah rel. BPLS sedang memesan beton untuk drainase tersebut.

Soal kondisi tanggul, Zulkarnain mengatakan lega. Sebab, akses menuju tanggul sudah kembali dibuka setelah ditutup warga Desa Besuki. Dengan dibukanya akses tersebut, penguatan tanggul bisa dilakukan dengan lebih lancar.

Truk pengangkut urukan yang biasanya terpaksa lewat Jl Raya Porong bisa lewat Besuki lagi. Saat ini, penguatan masih dikonsentrasikan di tanggul cincin. Tujuannya menghindari tanggul jebol karena hujan. Namun, kondisi tanggul secara umum tidak bermasalah. (riq)

Satu Balasan ke Bangun Drainase dan Perkuat Tanggul

  1. dina savaluna mengatakan:

    penyebab semburan, menurut Dr Rudi Rubiandini, berasal dari dalam tanah, oleh karena itu tdk mungkin penanggulangannya dilakukan melalui cara-cara permukaan tanah,,,

    dina savaluna
    pengabdi bantuan hukum YLBHI
    Mahasiswa FHUI 04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: