Tanggul Lumpur Gempolsari Jebol

RADAR SIDOARJO      SIDOARJO – Luberan lumpur menjebol tanggul penampungan (pond) di kawasan Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sabtu (8/12) malam. Akibatnya, lumpur mengalir ke kolam penampungan yang belum selesai dibuat.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Achmad Zulkarnain mengatakan, tanggul jebol diawali overtopping (luber) dari pond bekas Perum TAS I. “Luberan itu menggerus tanggul selebar 2 meter,” katanya kemarin. Pond yang sedang dibuat di kawasan Sengon pun terendam, termasuk makam desa setempat. “Semua itu disebabkan debit lumpur yang meningkat,” jelasnya.

Menurut Zulkarnain, kondisi tanggul yang jebol tidak bisa dipertahankan karena sudah rusak. Lokasinya juga sulit dijangkau. Padahal, pond di kawasan Sengon belum jadi dan pembangunan tanggul Renokenongo masih terhenti.

Hal itu, lanjut Zulkarnain, menyebabkan BPLS mencari alternatif lain untuk mengamankan posisi tanggul di utara pusat semburan. BPLS akan mengalirkan lumpur ke selatan, ke arah Kali Porong. Saat ini perbandingan persentase antara pembuangan lumpur utara dan selatan adalah 70 : 30. Dengan kondisi tersebut, pembuangan akan dilakukan dengan perbandingan sebaliknya. (riq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: