Akhirnya Terima Uang Kontrak

RADAR SIDOARJO Kamis, 10 Jan 2008
SIDOARJO – Sebagian pengungsi korban lumpur di Pasar Porong Baru (PPB) memutuskan mengikuti aturan Perpres No 14 Tahun 2007 tentang Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). Mereka menerima uang kontrak sebagai tahap pembayaran ganti rugi akibat banjir lumpur panas.

Perpres tersebut juga mengatur tahap-tahap pembayaran ganti rugi korban lumpur. Sebagian besar korban lumpur sudah mengikuti prosedur tersebut. Sebagian lain menolak.

Namun, sebagian warga yang pernah menolak itu akhirnya menerima dan bersedia tanda tangan kemarin (9/1). Penandatanganan dilakukan 23 warga di Kantor PT Minarak Lapindo Jaya Jl Sultan Agung. Mereka menerima rata-rata total Rp 5,5 juta. Rinciannya, Rp 5 juta untuk uang kontrak dua tahun dan Rp 500 ribu untuk ongkos boyongan. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri dan diperkirakan cair lima hari ke depan.

Juari, 35, salah seorang warga, menyatakan tidak sabar menunggu kepastian. Selama ini, tuntutan ganti rugi pengungsi di PPB yang tergabung dalam Paguyuban Warga Renokenongo Menolak Kontrak (Pagar Rekontrak) tidak kunjung dikabulkan. Karena itulah, dia berubah pikiran. “Daripada menunggu lama, tapi tidak pasti,” ujar warga RT 1 RW I Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, itu.

Hal sama diungkapkan Muji, 35, tetangga Juari. Dia memutuskan menerima uang kontrak agar cepat menerima uang muka ganti rugi 20 persen. “Saya sudah menunggu lama, tapi tidak ada kejelasan,” ucap Muji.

Tim Legal PT Minarak Sudiono menyatakan, uang muka ganti rugi untuk warga tersebut akan dicairkan secepatnya. Dia meminta warga segera melengkapi berkas.

Koordinator Pagar Rekontrak Sunarto mengatakan tidak mengetahui hal itu. Dia akan mengecek dahulu, apakah 23 warga tersebut memang kelompoknya. “Saya belum tahu kejelasannya, ” ujarnya. Dia menyebut, jumlah warga yang berada di PPB saat ini mencapai 630 KK. (riq/roz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: