Rel Terus Ditinggikan

RADAR SIDOARJO Kamis, 10 Jan 2008
SIDOARJO – Gangguan terhadap perjalanan kereta api (KA) mendorong PT Kereta Api terus meninggikan rel di jalur Ketapang-Siring. Itu dilakukan setelah rel KA sering tergenang air dan melengkung karena pergeseran permukaan tanah (land subsidence).

Menurut Slamet Noto, 40, petugas stasiun bagian sarana jalan, peninggian tersebut merupakan kali kesekian setelah berkali-kali rel terendam. Peninggian dilakukan untuk menjaga keamanan penumpang. Sebab, beberapa hari terakhir rel sering terendam. Khususnya, kawasan Tugu Kuning dan beks rol.

Antisipasi sementara, masinis hanya mengurangi kecepatan. Namun, hal itu tidak bisa dijadikan tolok ukur keselamatan. PT KAI perlu meninggikan rel hingga ketinggian antara 10 sampai 25 sentimeter. “Peninggian dilakukan dengan menguruk dan mengangkat rel,” jelas Slamet.

Pantauan di lapangan, dasar rel sudah diuruk kemarin (9/1). Rel yang terkena luapan air bercampur lumpur dibersihkan dengan kereta pembersih. Meski ada pengerjaan, perjalanan KA tidak terganggu. Pasalnya, seluruh jadwal sudah disesuaikan. Slamet memperkirakan, pengerjaan bisa selesai hari ini sehingga perjalanan KA bisa kembali normal. “Mungkin besok (hari ini, Red) bisa selesai,” katanya. (riq/roz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: