Ratusan Korban Lumpur Lapindo Ramai-Ramai Beli Rumah

21/01/08 19:46 Surabaya (ANTARA News) – Sedikitnya 600 warga korban lumpur Lapindo Sidoarjo, Senin, menandatangani perjanjian jual beli rumah di Kahuripan Nirwana Village di Sukodono Sidoarjo dengan PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ).

Meski menggembirakan, namun kedatangan ratusan warga ke salah satu hotel berbintang di Surabaya ini sempat membuat kaget PT MLJ, karena MLJ hanya mengantongi sekitar 320 nama warga yang tertarik membeli rumah yang dibangun pengembang PT Wahana Arta Raya.

“Antusiasme warga ini benar-benar di luar perkiraan kami. Mereka langsung ingin melakukan penandatanganan jual beli setelah mendapat penjelasan dan melihat maket. Yang menyatakan tertarik 320 orang, yang datang 600 orang lebih,` kata Komisaris Utama PT Minarak Lapindo Jaya, Ir Gesang Budiarso di Surabaya, Senin.

Kahuripan Nirwana Village adalah kompleks perumahan terpadu di kawasan Sukodono Sidoarjo yang dibangun PT Wahana Arta Raya. Di lokasi ini, untuk tahap pertama, PT MLJ telah memesan 3.000 unit rumah pada PT WAR.

Antusiasme warga ini bukan saja ditunjukkan lewat keinginan langsung melakukan penandatangan jual beli rumah, tapi juga kerelaan mereka antre hingga lebih dari lima jam.

Mereka yang datang sebagian besar adalah warga Perum TAS I yang rumahnya ikut tenggelam. Pada saat proses jual beli berlangsung, puluhan warga terus berdatangan menambah ramai suasana di ballroom hotel.

Dalam brosur yang dibagikan, PT Minarak Lapindo Jaya menawarkan rumah Tipe 36 dengan luas tanah 90 m2. Bagi yang ingin tanah lebih luas juga tersedia Tipe 36 dengan luas tanah 108 m2.

Untuk rumah Tipe 36/90 m2 dijual PT Wanaha Arta Raya dengan harga Rp117 juta. Namun, jika membeli lewat PT Minarak Lapindo Jaya hanya membayar Rp80 juta.

“Harga yang kami tawarkan untuk warga korban lumpur memang sangat murah. Kami memberi subsidi. Mungkin karena itu banyak warga yang langsung tertarik membeli,” kata Gesang yang juga “Arek” Suroboyo ini.

Selain tertarik harga rumah yang murah, sebagian warga juga tertarik dengan penataan kawasan Kahuripan Nirwana Village yang didesain sebagai kota mandiri.

Dari maket yang ada di lantai II hotel berbintang itu warga bisa melihat kompleks perumahan seluas 150 ha ini menjanjikan nilai lebih.

Dalam maket perumahan yang membentang dari Timur ke Barat di seputar tol KM 20-22 itu terlihat bakal dibangun lapangan golf, water boom, kolam renang, stadion, perkantoran, terminal, pasar, pertokoan hingga apartemen.

Kawasan yang telah ditata rapi itu juga dilengkapi dengan persawahan bagi warga yang ingin tetap bertani. Selain itu juga terlihat ada bangunan yang dipersiapkan untuk pesantren korban lumpur yang siap direlokasi.(*)

Copyright © 2008 ANTARA

Iklan

3 Responses to Ratusan Korban Lumpur Lapindo Ramai-Ramai Beli Rumah

  1. Anis watul m berkata:

    kepada yth bpk andi darussalam mudah2han dapat penjelasan dari beliaunya sendiri saya adlh korban lumpur sidoarjo gimana atas ganti rugi pemilikan rumah saya kok belum terselesaikan secara penuh

  2. Tonas berkata:

    Mas Sasongko, biar tidak terkena “calo-2 RESELTEMENT” yang tidak bertanggung jawab mohon kirimkan segala pertanyaannya ke alamat E-Mail PT. Minarak Lapindo Jaya, yaitu : admin@minaraklj.com langsung di tujukan ke Bp. Andi Darusalam Tabusalla, mudah-2 dapat penjelasan dari beliau-nya sendiri tentang mekanisme perhitungan ganti rugi tersebut.

  3. sasongko kertoraharjo berkata:

    type lainnya selain type 36/90 dan 36/108 ada?harganya berapa?kalo rumah dan tanah saya dulu lebih luas apa dikasih “susuk” kelebihan tanah dan rumah saya dengan harga 1 juta/m2 untuk tanah dan 1.5 juta/m2 untuk bangunan?tolong dikasih contoh cara penghitungannya dan uang yang akan saya terima bila dulu saya punya tanah seluas 150m2 dan bangunan 70m2, dimana saya bisa memperoleh informasi mengenai cara pengambilan rumah dan perhitungan “uang kembaliannya”, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: