Siring Barat Dinilai Masih Layak Huni

RADAR SIDOARJO Rabu, 30 Jan 2008
SIDOARJO – Warga Siring Barat, Kelurahan Siring, memilih tetap bertahan meski di sekitar mereka muncul semburan air dan gelembung (bubble) mengandung gas. Kandungan gas dinilai Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) tidak berbahaya, asal warga berhati-hati. Menurut Humas BPLS Achmad Zulkarnain, kawasan Siring Barat masih layak ditempati. Munculnya semburan dan bubble dengan kandungan gas belum berbahaya.

Namun, jika gas terkonsentrasi, bisa menyebabkan kebakaran. Zulkarnain mencontohkan gas di rumah warga yang digunakan untuk memasak. Hal itu bisa membahayakan. Pengamanan yang harus dilakukan adalah mengarahkan gas ke tempat terbuka agar bisa terurai oleh angin. “Misalnya, bisa diarahkan dengan pipa ke halaman,” kata Zulkarnain memisalkan.

Sementara itu, pemasangan pipa pembuangan lumpur ke Kali Porong belum tuntas. BPLS menargetkan pipa baru itu bisa berfungsi setelah dilengkapi pompa penyedot lumpur. Jumlah pompa direncanakan tujuh unit, namun baru tiba tiga unit. Zulkarnain memperkirakan, pipa-pipa baru bisa berfungsi pada awal Februari mendatang jika semua perangkatnya sudah lengkap.

Meski demikian, pembuangan lumpur ke Kali Porong tetap berlangsung. Sejak tiga hari lalu, BPLS membuang lumpur sepenuhnya ke sungai. Ini dilakukan setelah tanggul pusat semburan yang sempat ambles sudah ditinggikan hingga 18 meter. “Kami gunakan pipa yang lama dulu, ” jelasnya.(riq/roz)

5 Balasan ke Siring Barat Dinilai Masih Layak Huni

  1. nh wibowo mengatakan:

    Ya itulah akibatnya kalo pemerintah masih juga mempekerjakan orang-orang PICEK dan BUDHEK dalam menangani sempuran lumpur Lapindo..!

  2. nh wibowo mengatakan:

    Ya itulah akibatnya kalo pemerintah masih juga mempekerjakan orang-orang PICEK dan BUDHEK dalam menangani sempuran lumpur Lapindo.
    (ingat.. namanya “lumpur Lapindo”, bukan “lumpur Sidoarjo”! kita nggak sadar, sudah ada upaya penggeseran persoalan dari “Lapindo” menjadi “Sidoarjo”)

  3. Tonas mengatakan:

    Kalau emang Layak HUNI, Gimana kalau KITA urunan me- NGONTRAKKAN KELUARGA-NYA ORANG-2 BPLS di SIRING BARAT supaya Kerja BPLS bisa Lebih Maximal Melaksanakan Tugas-nya dalam membuat TANGGUL karena Bisa dekat sama KELUARGA…????!!!!! Dan Syukur-2 Kalau Kantornya sekalian di Pindahkan di Sana…!!!! Bukan DI GAYUNG KEBONSARI LAGI….!!!!!

  4. inyo mengatakan:

    Siring Barat dinilai masih layak huni, SEMOGA ??
    Wah2, ini koq rasa2nya suatu penilaian/kesimpulan yg terburu-buru yah, apakah sudah melihat/menganalisa dari sebab2 yang lain ??,
    misal:
    apakah team BPLS sudah yakin bahwa tanggul2 yg dibuatnya bener2 aman dari pengaruh amblesan-setempat(differential-subsidence), sehingga tidak akan terjadi LUBERAN LUMPUR PANAS meluas di Siring barat?
    jika “YA(aman)”, sampai kapan daerah tsb “Layak Huni” ? tetapi jika “TIDAK AMAN” kenapa membiarkan saudara2 kita tinggal didaerah “BERHANTU”?

  5. Mas Karebet mengatakan:

    “Siring Barat Dinilai Masih Layak Huni”
    ==============================
    🙂 Lebih baik layak huni daripada harus mengeluarkan ganti rugi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: