Drainase Terendam Lumpur, Raya Porong Tergenang Air

06/02/08 20:24 Sidoarjo (ANTARA News) – Jalur Raya Porong Sidoarjo kini makin rusak dan arus lalu lintas makin semrawut, karena sistem drainase tersumbat lumpur dan terjadinya penurunan tanah (subsident), sehingga Raya Porong tergenang air hujan.Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Ahmad Zulkarnain di Sidoarjo, Rabu mengatakan, akibat dari drainese yang tidak berfungsi ini, hampir setiap turun hujan jalan Raya Porong sampai Tugu Kuning Siring terendam air.

“Selain itu, akibat penurunan tanah mulai dari pusat semburan ke arah barat timbul cekungan yang mengenai jalur kereta api. Penurunan tanah terjadi mulai dari Siring barat sampai sekitar Ketapang Keres,” katanya.

Untuk mengantisipasi, BPLS telah melakukan pekerjaan normalisasi drainase. Namun, pihaknya masih terhambat pemesanan drainase yang panjangnya sekitar satu km dari Siring sampai Ketapang Keres.

Sementara, upaya normalisasi saluran juga sudah ada dengan menyiapkan unit-unit pompa untuk mengurangi ketinggian genangan air. “Air dipompa dari sekitar rel ke atas tanggul,” katanya.

Namun karena kemampuan pompa terbatas dan tidak semua pompa bisa ditempatkan di Jalan Raya Porong, menyebabkan genangan air tidak bisa dihindari. Pompa kini juga ditempatkan di Gedang, Mindi dan Jatirejo yang juga mengalami banjir.

Zulkarnain menambahkan, BPLS selalu mengkoordinasikan hal-hal yang terkait dengan kegiatan BPLS yang diperkirakan akan mengganggu aktivitas jalan raya.(*)

COPYRIGHT © 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: