FKB Tolak Tandatangani Laporan Tim Pengawas Lumpur Lapindo

Kamis, 07 Pebruari 2008 | 23:21 WIBTEMPO Interaktif, Jakarta: Fraksi Kebangkitan Bangsa di Dewan Perwakilan Rakyat menolak menandatangani rumusan laporan tim pengawas penanganan dampak semburan lumpur Lapindo DPR. FKB meminta rumusan laporan menyatakan bahwa semburan lumpur di Sidoarjo disebabkan aktivitas Lapindo Brantas Inc.

“Selama rumusan itu tidak muncul, kami tidak akan menandatangani. Bahkan, sampai di paripurna nanti, kami tidak keberatan ada voting,” kata Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Effendy Choirie, ketika dihubungi Tempo, Kamis (5/2).

Sebelumnya, beberapa anggota DPR meminta interpelasi atas semburan lumpur itu. Namun, sidang paripurna DPR memutuskan penggunaan hak itu ditangguhkan, dan DPR membentuk tim pengawas. Rencananya, tim pengawas akan melaporkan hasil pantauannya ke Pimpinan DPR Jumat (8/2). Selanjutnya, hasil pantauan itu akan dibacakan dalam Sidang Paripurna DPR.

Effendy menjelaskan, rumusan yang disepakati fraksi-fraksi lain menyatakan semburan lumpur itu tidak berhubungan dengan aktivitas Lapindo Brantas Inc. “Jadi, seolah lumpur Lapindo sepenuhnya merupakan fenomena alam yang tidak diakibatkan oleh Lapindo Brantas,” katanya.

Menurut dia, semburan lumpur Lapindo terjadi ketika Lapindo Brantas Inc. menjalankan aktivitas di Sidoarjo. Dia meminta, DPR tidak hanya melaporkan bentuk pertanggungjawaban yang sudah dilakukan Lapindo. “Saya nggak tahu apakah ada upaya kongkalikong,” ujarnya.

Effendy mengaku hingga kini tidak ada upaya dari pihak Lapindo Brantas Inc. maupun Bakrie untuk meredam keinginan FKB. Namun, dia tidak mengetahui apakah lobi dari pihak Lapindo Brantas ke Partai Kebangkitan Bangsa sudah dilakukan. “Tidak ada ke saya,” katanya.

Ketua Fraksi Partai Golkar Priyo Budi Santoso menyatakan interpelasi untuk kasus semburan lumpur Lapindo tidak akan digunakan. Pembentukan tim pengawas, katanya, bertujuan agar penanganan dampak semburan lumpur berjalan lancar. “Interpelasi sudah tidak relevan,” katanya ketika dihubungi Tempo.

Kurniasih Budi

Iklan

Satu Balasan ke FKB Tolak Tandatangani Laporan Tim Pengawas Lumpur Lapindo

  1. […] Walaupun sejumlah kata manis dibungkus untuk mengesahkannya.  Masih untung, meskipun sial FKB masih mau menolak mengesahkan rencana Lapindo untuk menjadikan sumber lumpur karena kecerobohan ….  Lebih setahun yang lalu saya berpikir logika dasar Lapindo adalah : Lapindo Brantas & Co […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: