Tunggu Hasil Sidang DPR RI

RADAR SIDOARJO Senin, 18 Feb 2008
SIDOARJO – Warga di kawasan sekitar luapan lumpur menemui Bupati Win Hendrarso kemarin (17/2). Mereka menuntut perubahan peta terdampak lumpur dalam Perpres No 14 Tahun 2007. Tuntutan warga itu akan disampaikan dalam sidang DPR RI di Jakarta hari ini (18/2).

Warga yang menemui bupati itu berasal dari Kelurahan Mindi, Kecamatan Porong, serta Desa Besuki, Kedungcangkring, dan Pejarakan, Kecamatan Jabon. Mereka menuntut agar desa-desa tersebut masuk peta terdampak.

Bupati Win bersama Kapolres Sidoarjo AKBP Adnas menerima 28 wakil warga di Pendapa Delta Wibawa. Hadir pula dalam pertemuan tersebut, anggota DPR RI Suripto.

Abdul Rokhim, salah seorang warga, mengatakan bahwa empat desa tersebut pernah ditawari masuk peta terdampak. “Waktu itu kami menolak karena masih aman tinggal di rumah,” katanya. Warga meminta tanggul digeser menjauh dari desa. Sekarang mereka malah jadi korban tanggul jebol dan berharap dapat bantuan.

Suripto mengaku memahami kekhawatiran warga. Sebab, tempat tinggal mereka rentan luberan. Dia menjelaskan, lokasi desa di utara dekat dengan tanggul semburan dan selatan dekat dengan spillway. Keduanya sangat rawan terjadi bencana.

Bupati Win mengatakan, bantuan bagi warga diberikan langsung hari ini (18/2) berupa uang Rp 500 ribu per rumah. Bantuan bagi warga yang gagal panen masih diperjuangkan. “Satu-satu dulu. Yang penting bisa jalan semua,” kata Win.

Rencananya, hari ini bantuan tersebut dibagikan kepada 558 warga dari empat desa dengan dana Rp 279 juta dari anggaran tak terduga. Bupati juga mengungkapkan, bantuan itu hanya diberikan kepada warga yang memang seluruh rumahnya terkena lumpur. “Yang sebagian kena lumpur atau yang kena hanya terasnya mohon diikhlaskan,” tuturnya.

Soal tuntutan warga untuk masuk peta terdampak, Win menyatakan bahwa dirinya dan Gubernur Jatim Imam Utomo akan berjuang ke Jakarta. Wakil warga juga diajak. Keinginan warga bakal disampaikan dalam sidang DPR RI di Senayan hari ini.(nuq/riq/roz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: