BPLS Terjepit

RADAR SIDOARJO  Selasa, 26 Feb 2008SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) terjepit. Saat tanggul-tanggul kritis, BPLS tidak mampu mendatangkan pasokan sirtu dan tidak bisa membuang lumpur ke Kali Porong. Tanggul jebol mengancam setiap saat.

Humas BPLS Ahmad Zulkarnain mengatakan sudah berusaha menjaga agar kondisi tanggul tetap aman dan pembuangan lumpur bisa lancar. Namun, upaya-upaya itu terhambat oleh larangan warga.

Truk-truk pemasok urukan sirtu (pasir batu) tidak diizinkan masuk. Akibatnya, BPLS hanya mampu melakukan tambal sulam. Tanggul yang rawan ambrol diperkuat dengan mengambil sirtu dari tanggul yang masih kuat. “Kawasan yang sudah kukuh tidak masalah jika sirtunya diambil sebagian,” katanya.

Meski demikian, lanjut Zulkarnain, lama-lama kekukuhan tanggul akan berkurang. Sebab, sirtunya diambil untuk menambal tanggul lain. “Ancaman jebol bisa terjadi kapan saja. Tanggul yang semula kuat bisa jadi rawan,” ucapnya.

Kondisi seperti itu, lanjut Zulkarnain, diperparah dengan terhentinya pembuangan lumpur melalui spillway ke Kali Porong. Pembuangan tersebut juga masih dilarang warga sehingga lumpur ditampung di kolam utama. “Belum ada alternatif lain yang bisa kami lakukan,” katanya. Padahal, kolam sudah penuh dan semburan terus keluar.(riq/roz)

Satu Balasan ke BPLS Terjepit

  1. Mas Karebet mengatakan:

    “BPLS Terjepit”
    ==============
    🙂 Kalo bosan terjepit, NYEMPLUNG Lumpur panas saja🙂🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: