Lapindo Minta Dukungan Keamanan

Satuan Keamanan PBB Diterjunkan–> Selasa, 26 Februari 2008 | 02:19 WIB SIDOARJO, KOMPAS – Lapindo Brantas Inc, Senin (25/2), meminta dukungan keamanan dari Badan Penanggulangan Lumpur di Sidoarjo atau BPLS terkait aktivitas pengerjaan tanggul dan penanganan semburan lumpur. Kegiatan itu terhenti sejak Sabtu akibat ancaman warga.Warga korban lumpur di luar peta terdampak melarang para sopir truk pengangkut material serta operator alat berat dan pompa melakukan pembangunan tanggul. Hal itu untuk menekan pembuat keputusan agar desa mereka masuk ke dalam peta terdampak lumpur.

”Sesuai Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2007, komando dan pengawasan terhadap penanggulangan semburan lumpur di Sidoarjo berada di BPLS, kewajiban Lapindo adalah mengalirkan lumpur dari pusat semburan ke Kali Porong,” ujar Vice President Lapindo Brantas Inc Yuniwati Teryana, Senin.

Karena itu, pekerja dan operator alat berat dan pompa perlu mendapat dukungan keamanan dari BPLS. Yuniwati khawatir jika kondisi itu terus berlangsung, tanggul bisa jebol.

Kepala Humas BPLS Akhmad Zulkarnain mengatakan, wewenang Badan Pelaksana BPLS hanya menyusun strategi dan perencanaan serta pengendalian operasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan operasi penanganan semburan lumpur. ”Seharusnya yang melakukan pengamanan adalah Lapindo,” katanya.

Akhmad Zulkarnain menuturkan, pihaknya telah menjalin komunikasi dan bernegosiasi dengan warga sejak Minggu lalu agar mereka memperbolehkan pengerjaan tanggul kembali.

”Hari ini enam pompa di kolam utama sudah bisa beroperasi dan operator alat berat sudah bekerja,” ujarnya.

Pengerjaan tanggul yang berbatasan dengan permukiman warga untuk sementara diambil alih oleh satuan Zeni TNI Angkatan Darat. Pekerja sipil difokuskan untuk mengerjakan tanggul cincin di pusat semburan lumpur. (A13)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: