Sindir Presiden dan DPR lewat Lumpur

RADAR SIDOARJO Selasa, 26 Feb 2008SIDOARJO – Gerah karena berbagai protes belum membuahkan hasil, warga korban lumpur asal Desa Besuki, Kecamatan Jabon, mengadakan aksi teatrikal kemarin (25/2). Aksi itu dimainkan 40 warga dengan melumurkan lumpur ke sekujur badan di lahan dekat bekas jalan tol.

Aksi warga tersebut merupakan simbol protes terhadap pemerintah yang dinilai tidak tegas menangani banjir lumpur. Beberapa tokoh nasional, seperti presiden dan anggota DPRD, diperankan warga di dekat tanggul sekitar bekas jalan tol Porong-Gempol Km 40.

Dalam aksi tersebut, warga yang berperan sebagai presiden dan anggota DPR diarak dari tenda menuju lahan kosong yang terendam lumpur. Di tempat itu, mereka bermandi lumpur sebagai simbol penderitaan. Presiden disimbolkan sebagai pemimpin yang tidak tegas. Anggota DPR disimbolkan sebagai wakil rakyat yang tidak mampu bersuara saat korban lumpur meminta haknya.

Aksi tersebut cukup mengundang perhatian. Banyak warga lain yang menyaksikan teatrikal itu. Bahkan, beberapa warga menitikkan air mata karena terharu menyaksikan peran korban lumpur yang menderita.

Meski berlangsung kondusif selama satu jam, aksi itu tetap dikawal petugas. Puluhan aparat dari Polsek Jabon disiagakan. Setelah puas menyampaikan aspirasi, warga membubarkan diri.

Menurut Ali Mursid, salah seorang warga, aksi tersebut menunjukkan sikap protes warga terhadap pemerintah yang tidak tegas menangani banjir lumpur. “Akibatnya, warga sengsara,” ujarnya.

Rencananya, aksi itu dilanjutkan Selasa (26/2) hari ini. Warga dari enam desa, yaitu Besuki, Pejarakan, Kedungcangkring, Mindi, Jatirejo, dan Siring, berencana menutup Jl Raya Porong. Tuntutan mereka sama: mendesak pemerintah memasukkan desa mereka ke dalam peta terdampak. (riq/roz)

Satu Balasan ke Sindir Presiden dan DPR lewat Lumpur

  1. dobelden mengatakan:

    ah emang derita tiada henti lumpur itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: