Lumpur Lapindo, PU Kirim Tim Pakar Deteksi Gas Metan

Jumat, 15 Februari 2008 | 20:08 WIBLaporan wartawan Kompas Suhartono JAYAPURA, JUMAT – Departemen Pekerjaan Umum dalam waktu segera akan mengirimkan tim pakar ke Desa Siring, Sidoardjo, Jawa Timur, untuk meneliti kemungkinan adanya gas metan yang muncul di sekitar perumahan penduduk atau yang disebut “bubble” setelah munculnya semburan lumpur panas akibat eksplorasi PT Lapindo Brantas Inc.

Pengiriman tim pakar akan dilakukan seminggu atau dua minggu dari waktu sekarang ini. Keputusan pengiriman tim pakar itu dilakukan setelah rapat penanganan lumpur Lapindo yang diselenggarakan Kamis (14/2) lalu di Kantor Departemen Pekerjaan Umum (PU) di Jakarta. Demikian disampaikan Menteri PU Djoko Kirmanto menjawab pers di sela-sela jamuan makan malam peserta rapat kerja daerah (rakerda) Bupati dan Walikota se-Papua, Jumat (15/2) malam di Jayapura, Papua.

“Untuk memastikan ada atau tidaknya semburan gas metan di perumahan penduduk tersebut, kita akan kirim tim pakar ke sana. Karena, tidak mungkin kita bisa menerima keinginan penduduk meminta dipindah atau meminta ganti rugi akibat munculnya semburan gas metan tersebut, jika tidak dipastikan terlebih dulu,” ujar Djoko.

Menurut Djoko, Departemen PU akan mencari anggota timnya dari kalangan akademisi dalam waktu satu atau dua minggu dari sekarang ini. “Untuk sementara ini, kita minta gubernur Jawa Timur dan bupati Sidoardjo untuk menanganinya dulu agar tidak mengganggu warga,” tambah Djoko.

Terhadap semakin meluasnya semburan lumpur dan kemungkinan meluasnya luapan, Badan Pengelola Lumpur Sidoardjo (BPLS) untuk memperkuat tanggul dan menambal lubang-lubang ke arah Porong agar lumpur tidak meluber, terutama di musim penghujan.

Mengenai pembangunan infrastruktur jalan tol dan jalan arteri pasca terendam lumpur, Djoko mengakui tahapannya masih sampai pada pembebasan lahan. “Warga meminta harga tanah Rp 120.000 meter persegi, tetapi kita minta harganya Rp 105.000 per meter persegi. Untuk itu, BPLS akan kirim tim apraisal untuk menilai harga tanah yang realistis. Setelah pembebasan lahan, pembangunan infrastruktur akan segera jalan,” lanjut Djoko

2 Balasan ke Lumpur Lapindo, PU Kirim Tim Pakar Deteksi Gas Metan

  1. emping melinjo mengatakan:

    emping melinjo i like this , thank you :D…

    i like this , thank you :D…

  2. emping mengatakan:

    terimakasih gan jangan lupa mampir ke blog saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: