Korban Lumpur Lapindo Blokade Bekas Jalan Tol

Sabtu, 01 Maret 2008 | 13:22 WIBTEMPO Interaktif, Sidoarjo:Ratusan korban lumpur Lapindo dari Desa Besuki di bagian timur bekas jalan tol Porong, berunjuk rasa memblokade bekas jalan tol tersebut, Sabtu (1/3).

Mereka menuntut kawasan mereka diikutsertakan ke dalam kawasan yang akan mendapatkan ganti rugi sebagaimana warga Desa Besuki di bagian barat bekas jalan tol.

Dalam unjuk rasanya, warga sempat membajak lima truk pengangkut pasir dan batu yang sedianya akan digunakan untuk meninggikan tanggul. Sebuah truk dipaksa untuk menumpahkan isinya ke tengah jalan, sedangkan empat lainnya dipaksa warga untuk dilintangkan tepat di tengah jalan tol tersebut.

Dalam keputusan terbarunya, Pemerintah hanya akan memberikan ganti rugi bagi Desa Besuki yang terendam lumpur, yang berarti berada di RW 1-5 dan berada di barat bekas jalan tol. Sedangkan untuk wilayah di timur jalan tol atau di RW 6 dan RW 7 yang terdiri dari RT 1-7, tidak masuk ke dalam wilayah yang akan mendapatkan ganti rugi.

“Kami sama-sama dari Besuki, meski belum terkena lumpur, rumah kami retak dan tidak layak huni,” tutur Mansyur, salah seorang perwakilan warga.

Selain melakukan berbagai orasi, warga juga membentangkan berbagai poster yang di antaranya beruliskan “Pak Presiden, jalan tol tak bisa membatasi Desa kami, karena Besuki hanya ada satu”, “Presiden lihatlah rumah kami yang tidak layak huni”.

Untuk menenangkan massa, Camat Jabon Slamet, turun langsung dan meminta warga segera membuka blokade jalan. Slamet juga berjanji akan menyampaikan aspirasi warga tersebut. “Yang pasti Keputusan Presiden tidak dikeluarkan per RT atau RW, tapi dikeluarkan per desa. Jadi Desa Besuki, berapapun RT-nya tetap akan mendapatkan ganti rugi,” tutur Slamet.

Slamet menambahkan, dalam keputusan tersebut, Pemerintah juga tidak membatasi antara Desa Besuki di timur tol dan di barat tol. Jadi, semua wilayah Desa Besuki kemungkinan akan mendapatkan ganti rugi. Setelah mendapatkan penjelasan, warga pun akhirnya membubarkan unjuk rasa mereka dengan tertib.

Rohman Taufiq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: