Toponimi : Soal nama Semburan Lumpur

Ketika aku ditanya knapa saya lebih sering menyebut Lusi (Lumpur Sidoarjo) ketimbang Lula (Lumpur Lapindo) ? Aku hanya bisa beralasan karena alasan Toponymy, yaitu aturan penama

an tempat. Yang saya tahu memberikan nama tempat harus sesuatu sesuai dengan geografisnya, memiliki arti dan ada kaidah.

malioboro.jpg

Tapi apa ini sudah benar ? Tentunya saya tanpa berpikir aspek hukum dan sosial yang barangkali diperlukan nantinya. Sakjane ini adalah alasan tehnis, bukan bermaksud apa-apa looh. Jangan suudzon. )

Kalau anda konsen penamaan yang bermakna dalam toponimi geografis, kira-kira apa nama yang semburan lumpur paling tepat ?

  • LuSi – Lumpur Sidorjo, (Berada di Kabupaten Sidoarjo)
  • LuSi – Lumpur Siring, (Awalnya dari Desa Siring, yang sudah terkubur)
  • LuLa -Lumpur Lapindo (Bersamaan dengan pengeboran sumur oleh Lapindo)
  • LuPa Lumpur Panas (skalian mengingatkan biar ngga pelupa P )
  • LuBangLumpur Banjarpanji (muncul ketika sedang ngebor sumur Banjar Panji)

Nama yang baik harus memiliki arti atau makna. Bahkan kalau anda tahu penamaan kota pun sering memiliki riwayat tersendiri. Misal Cirebon, berdasarkan kitab Purwaka Caruban Nagari nama ‘Cirebon’ berasal dari kata sarumban yang lalu diucapkan menjadi caruban. Kemudian caruban menjadi carbon, cerbon dan akhirnya Cirebon. Sarumban sendiri berarti ‘campuran’.

Toponimi

Continue reading Toponimi : Soal nama Semburan Lumpur…

12 Balasan ke Toponimi : Soal nama Semburan Lumpur

  1. inyo mengatakan:

    lho bener khan….! belum2 abang usil dah bilang….”piye ?” artinya respon banget neh, apa lagi klo dah ada “materi baru”, pasti banyak sekali “piye-nya”….piye…piye…piye…1000X, huwaahahaha…😛
    Salam kompak slalu bang !!

  2. usil mengatakan:

    Eh…semprul keliru lagi: Maksudnya pak INYO

  3. usil mengatakan:

    Whalah! piye to pak nyo?

  4. inyo mengatakan:

    Yth: Pak Hemi
    command bapak2 diatas hanya sekerdar intermezo aja

    kalau Bapak berkehendak mikir ttg solusi LuSi/LuLa, silakan…
    BACA INI DULU….
    klik “Mengalirkan Lumpur Secara Optimal”

    https://hotmudflow.wordpress.com/diskusi/mengalirkan-lumpur-secara-optimal/

    dan masih banyak diskusi2 lainnya spt: diskusi HDCB, penanganan permukaan, bawah permukaan,dll.
    barangkali Pak Hemi punya metode yg lebik baik dr ide2 yg sudah ada sebelumnya?, silakan posting aja di blog ini?
    tentu P. Usil yg akan kasih command lebih dulu,,,wong namanya aja “Usil” apapun beritanya akan jadi “materi yg hangat”,
    ya ga Bang Usil ??

  5. hemi mengatakan:

    buat apa sih mikir kasih nama doang?mending mikir kasih sumbat buat lumpurnya

  6. usil mengatakan:

    Hah??? mas Karebet ada2 saja!
    Untuk yang umur diatas ’64’, gigi bisa cipot tuh!

  7. inyo mengatakan:

    wah2 jelas inget banget bang Usil, klo bukan OmPapang siapa lagi?
    klo ga salah beliau bilang : “LuLa = kamu 6” dan “LuSi = kamu 7″ …”Usil = kamu 7L”, dst2….

  8. Mas Karebet mengatakan:

    “Toponimi : Soal nama Semburan Lumpur ”
    ===================================
    🙂 LUSI aja deh : LUMPUR SIALAN🙂🙂

  9. usil mengatakan:

    Wah pak Inyo! Kalo urusan me’rumus’ kata2, ada jagoannya.
    Jamin gak ada yang bakal menang deh….

    Yang aku ingat sih dianya dulu pernah bilang: USIL=LUSI dst………

    Hayo tebak! Kangen gak?

  10. DN Antasena mengatakan:

    Ada satu lagi, LUAP (Lumpur yang bikin api alias kebakaran). Sekalian ngingatkan kalau lumpurnya terus meluap

  11. inyo mengatakan:

    BAng usil, dikasih nama “LuSi”…..hasil penyelesaiannya “NIHIL”, dinamakan LuLa pun penyelesaiannya juga… “NOL”, lebih baik kasih naman aja “LUDES” artinya “habis-habisan” lah !!😛

  12. usil mengatakan:

    Aku sih lebih seneng dinamakan LULA = Lumpur Lapindo,
    agar masyarakat jangan lupa akan ‘jasa’ Lapindo yang hebat itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: