BPLS Lokalisasi Gas H2S

RADAR SIDOARJO  Kamis, 06 Mar 2008SIDOARJO – Evakuasi tujuh warga Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Porong, yang sesak napas dan diduga akibat mengisap gas dari bubble pada Rabu (27/2) jadi pelajaran berharga. BPLS kemarin (2/3) memasang pipa di lokasi bubble Pasar Buah Jatirejo guna melokalisasi penyebaran gas.

Menurut Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Ahmad Zulkarnain, langkah itu sebenarnya pernah direncanakan. Namun, pemilik kios menolak karena merasa belum menerima ganti rugi.

“Rencana itu sempat kami batalkan,” katanya. Sikap tersebut berubah setelah gas menyebar dan mengakibatkan warga dibawa ke RSUD Sidoarjo karena sesak napas. Sebagian adalah balita yang terpaksa rawat inap. “Pemilik akhirnya mengizinkan dan kami lokalisasi,” jelas Zulkarnain.

Menurut dia, pemasangan pipa dilakukan secara vertikal dan horizontal. Pipa vertikal berfungsi membuang gas, sedangkan horizontal berfungsi mengalirkan air ke drainase. “Jadi, gas dibuang ke atas, air dialirkan ke gorong-gorong di sekitar,” ujarnya. Dia menyebut pipanisasi itu merupakan inisiatif BPLS dengan biaya ditanggung PT Minarak.

Zulkarnain menyatakan, upaya BPLS merupakan tindakan penyelamatan. Jika peristiwa semburan muncul di tempat lain, hendaknya, itu diantisipasi dengan pemasangan pipa seperti di Jatirejo. “Tujuannya, meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan,” paparnya.

Tim pemantau gas PT Fergaco menyatakan, kadar gas yang terkandung pada radius dua meter dari lokasi bubble menunjukkan LEL (low explosive limited) 100 persen. Sedangkan gas hidrogen sulfida (H2S) berkisar 8 sampai 35 PPM.

Semburan gas di Pasar Buah muncul dari bekas sumur bor sekitar Juni 2007. Saat itu, kadar gasnya tidak terlalu tinggi. Namun, semburan air mencapai ketinggian tiga meter. (riq/roz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: