April Berfungsi Optimal

RADAR SIDOARJO Senin, 10 Mar 2008
Jalur alternatif Krian-Mojosari segera beroperasi. Dinas PU Bina Marga Jatim menargetkan jembatan itu bisa berfungsi optimal pada April mendatang.

“Sudah hampir selesai. Progress-nya sudah lebih dari 90 persen,” kata Kasubdin Pembangunan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jatim Herry Budianto. Bina Marga, kata Herry, mengebut konstruksi 11 jembatan di Krian hingga Mojosari. Pekerjaan dilakukan 24 jam nonstop agar jembatan-jembatan itu bisa selesai sesuai target dan dapat segera dipergunakan.

Gubernur Jatim Imam Utomo memang menargetkan jembatan itu bisa dioperasikan pada April 2008. Awalnya, 11 jembatan yang tersebar di antara Krian dan Mojosari itu ditargetkan selesai Januari 2008 lalu dengan waktu pemeliharaan satu tahun. Namun, pemprov akhirnya mengulur target hingga April demi lebih mematangkan konstruksi. Pembangunan jalan dan jembatan di jalur Krian-Mojosari tersebut untuk memecah penumpukan kendaraan di wilayah Porong. Jalur baru itu dapat menampung 35 hingga 40 ribu kendaraan setiap hari. Dengan begitu, beban Jalan Raya Porong bisa terkurangi. “Keseluruhan arus lalu lintas yang lewat jalan raya dan arteri Porong sekitar 80 ribu sehari. Dengan pengalihan 35 hingga 40 ribu, kan lumayan,” Herry.

Pembangunan jalur alternatif itu dilakukan dengan memperbaiki Jalan Raya Krian, Kabupaten Sidoarjo, menuju Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Jalur memutar ke arah barat itu bisa jadi penghubung ke Kabupaten Malang maupun ke Kota Batu. Biaya pembangunan jembatan dan jalan dengan total panjang 358 meter itu menelan dana Rp 38 miliar. (cie/roz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: