Tanggul Kritis, BPLS Yakin Aman

RADAR SIDOARJO Sabtu, 08 Mar 2008

SIDOARJO – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Sidoarjo dan sekitarnya mengundang kecemasan. Kondisi tanggul penampungan lumpur sedang kritis. Tinggi tanggul berimpitan dengan permukaan genangan lumpur. Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) menyatakan aman, asalkan hujan tidak terjadi terus-menerus.

Berdasar pantauan Jawa Pos di lokasi, lumpur pekat kini memenuhi kolam. Permukaan lumpur hanya berselisih 50 sentimeter dengan tinggi tanggul. Aliran lumpur dari pusat semburan tampak mengalir deras. BPLS terus berupaya memperkuat tanggul dengan pasokan pasir batu (sirtu).

Staf Humas BPLS Akhmad Kusairi membenarkan kondisi tanggul yang kini penuh. Namun, konstruksi tanggul diyakini masih kuat sehingga aman dari kemungkinan jebol.

Kusairi menambahkan, penguatan terus dilakukan dengan memperkukuh tanggul untuk mencegah gerusan air hujan. “Dengan begitu, bisa dipastikan tanggul aman,” ujarnya.

Namun, menurut dia, kondisi akan berbeda jika curah hujan terus meningkat. Sebab, hujan deras menyebabkan kolam lumpur akan penuh air. Akibatnya, tekanan terhadap dinding tanggul makin kuat. “Yah, kami berharap agar hujan tidak menyebabkan kondisi tanggul berbahaya,” kata Kusairi. (riq/roz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: