48 Berkas Terkatung-katung

RADAR SIDOARJO Rabu, 12 Mar 2008
SIDOARJO – Pembayaran ganti rugi 80 persen dilakukan mulai Mei mendatang. Tapi, banyak berkas ganti rugi korban lumpur yang masih terkatung-katung di tangan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). Termasuk nasib 48 berkas milik warga Perum TAS I yang belum jelas.

Perwakilan warga Perum TAS I dipimpin Sumitro kemarin (11/3) mendatangi kantor tim verifikasi BPLS. Mereka mempertanyakan 48 berkas yang pembayarannya belum direalisasikan hingga sekarang. “Kami ingin penjelasan mengapa berkas di-pending, ” kata Sumitro, didampingi anggota DPR dari PKB Ario Wijanarko.

Dia mengaku sudah berkali-kali mempertanyakan hal itu kepada tim verifikasi maupun PT Minarak. Namun, jawabannya tidak menyelesaikan masalah. Sumitro merasa dilempar ke sana kemari. Jadi, dia meminta anggota DPR memfasilitasi mereka. “Supaya tidak dipingpong, kami minta difasilitasi,” ujarnya.

Menurut Ario, ada persoalan yang harus diklarifikasi. Jadi, dia memfasilitasi pertemuan antara warga dan tim verifikasi. Seharusnya, kata Ario, pertemuan kemarin melibatkan tiga pihak, yakni warga, BPLS, dan PT Minarak. “Mungkin lain waktu tiga pihak itu harus berkumpul,” katanya.

Tim verifikasi yang diwakili M. Basori Alim mengatakan, 48 berkas terhenti bukan karena persoalan tertentu. Berkas tersebut masuk kategori menunggu. Sebab, Sumitro cs menyerahkan berkas setelah batas waktu 30 November 2007. “Berkas yang masuk sebelum batas itu saja belum seluruhnya selesai,” ucap Basori. Untuk itu, dia meminta Sumitro cs bersabar menunggu giliran.

Penjelasan tersebut bisa dipahami Sumitro dkk. Namun, mereka tetap meminta berkas diselesaikan secepatnya. Sebab, jika menunggu berkas yang masuk sebelumnya selesai, Sumitro khawatir ganti rugi untuk warganya tidak terealisasi. “Kapan giliran kami jika yang dulu tidak kunjung selesai?” tandas Sumitro.(riq/roz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: