BPLS Imbau Warga Tidak Bangun Rumah di Lahan Kosong

14/03/08 20:00 Sidoarjo (ANTARA News) – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) meminta kepada warga tiga desa, yakni Besuki, Pejarakan dan Kedungcangkring, di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), untuk tidak membangun rumah di lahan kosong.Hubungan Masyarakat (Humas) BPLS, Ahmad Zulkarnain, ditemui di Sidoarjo, Jumat, mengatakan bahwa larangan itu karena keputusan untuk memberikan ganti rugi bagi tiga warga desa itu telah ditetapkan pemerintah, meski acuan dan mekanisme pemberian ganti rugi masih belum jelas.

“Larangan itu perlu disampaikan karena kami khawatir ganti rugi tidak akan sesuai dengan data semula. Selain itu, warga juga akan merugi karena bangunan rumah baru itu tidak masuk dalam hitungan,” katanya.

Pernyataan BPLS itu dikeluarkan karena ada dugaan pembangunan rumah lantaran warga yang ingin mendapat ganti rugi yang lebih besar, dengan nilai besaran untuk lahan Rp1 juta per meter persegi dan untuk lahan yang ada bangunannya Rp1,5 juta per meter persegi.

Warga Desa Besuki, Ali Mursid, meminta agar pemerintah secepatnya membayar ganti rugi karena sudah kurang lebih satu bulan rumahnya terendam lumpur dan warga sudah bosan tinggal di pengungsian eks jalan tol Porong-Gempol.

“Jika pemerintah ingin warga segera pindah dari pengungsian, maka pemerintah harus segera memberi ganti rugi,” katanya.

Sementara itu, pemilik rumah di Desa Pejarakan, M. Awih, mengatakan bahwa dirinya sengaja membangun rumah di daerahnya sendiri karena tempat tinggalnya di Besuki juga terkena lumpur.

Dari pantauan di lapangan, ada tiga rumah warga yang dibangun di dekat “spillway” dan tanggul yang hanya berjarak 50 hingga 100 meter. (*)

COPYRIGHT © 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: