Unjuk RasaKorban Lumpur Memblokade Tanggul

Senin, 17 Maret 2008 | 01:07 WIBKOMPAS/MOHAMAD FINAL DAENG / Kompas ImagesWarga Desa Besuki, Pejarakan, dan Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur, memblokir akses masuk menuju tanggul lumpur Lapindo di sisi timur, Minggu (16/3). Warga menuntut pemerintah mempercepat pembayaran ganti rugi yang telah dijanjikan.SIDOARJO, KOMPAS – Warga tiga desa di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, yang berdasarkan keputusan pemerintah akan mendapat ganti rugi karena terimbas lumpur Lapindo, berunjuk rasa, Minggu (16/3). Mereka memblokade akses masuk ke tanggul lumpur Lapindo sisi timur yang berbatasan dengan desa mereka.

Sejak pukul 07.00, sekitar 200 warga Desa Besuki, Pejarakan, dan Kedungcangkring menutup jalan masuk ke tanggul. Warga mendirikan tenda dan melakukan aksi duduk. Berbagai poster berisi tuntutan agar ganti rugi segera direalisasikan pun dibentangkan warga. Warga juga melarang para pekerja mengerjakan tanggul di titik 37 hingga 42 dan operasional pompa lumpur.

Koordinator warga, Abdul Rochim, mengatakan, aksi dilakukan karena sejak keputusan pemerintah pada 27 Februari, mereka belum mendapatkan ganti rugi. ”Sampai saat ini belum ada tanda realisasi janji itu. Ganti rugi tanah yang digunakan untuk membangun tanggul sisi timur ini belum diberikan oleh Lapindo, begitu juga uang gagal panen yang dijanjikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Kepala Humas Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Lumpur di Sidoarjo Achmad Zulkarnain yang menemui perwakilan warga meminta warga untuk bersabar mengingat pemerintah pusat masih memproses APBN untuk ganti rugi itu. Achmad juga mengungkapkan kekhawatiran, jika pengerjaan tanggul terhenti akibat blokade warga, tanggul bisa jebol. “Dari pantauan, ketinggian lumpur sudah mendekati bibir tanggul,” ujarnya.

Vice President Lapindo Brantas Inc Yuniwati Teryana menyayangkan aksi yang dilakukan warga ketiga desa tersebut. (A13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: