Lusi : Ambles 3 m dalam satu malam !

Saya barusaja mendapat berita lewat telepon dari Pak Sofyan dari BPLS yang mengabarkan bahwa tanggul cincin ambles 3 meter dalam satu malam. Fenomena ini tentusaja menarik untuk di dongengkan. Karena amblesnya tanggul cincin ini tentu saja akan lebih sering ketimbang amblesnya lokasi sekitarnya.

( “Tapi Pakdhe 3 meter dalam semalam itu kan ngaget-ngagetin bangget !”
D “Betul Thole, tetapi ini hanya disekitar tanggul cincin atau disekitar pusat semburan saja. Semakin jauh dari cincin semakin kecil efek amblesannya.

Bagaimana mekanismenya ?

Continue reading Lusi : Ambles 3 m dalam satu malam !…

Satu Balasan ke Lusi : Ambles 3 m dalam satu malam !

  1. jd mengatakan:

    Untuk kondisi tanah lunak sekitar semburan lumpur, penimbunan massive sampai belasan meter (bahkan disekitar cincin lebih dari 20 meter), settlement didaerah tertimbun, heaving di luar daerah tertimbun, sliding di daerah ketinggian timbunan berbeda (seperti daerah pusat semburan), peningkatan hydrostatic pressure yang menimbulkan semburan air bercampur gas metan (disosiasi dari lapisan organik) merupakan penomena yang sangat explainable dari sisi geotechnical engineering. Semua kejadian diatas harusnya sangat2 calculable dengan established theories dan didukung oleh data tanah yang sudah tersedia. Kalau mau bekerja lebih systematic, rasional dan tidak sinetronistic, harusnya pengaruh kondisi lapisan dalam bisa diintroduced bila ada indikasi yang sudah melebih atau terlihat gejala supeimpose dari/dengan pengaruh overburden akibat penimbunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: