Diabaikan Anggota DPR, Korban Lapindo Blokade Jalan

Sabtu, 29 Maret 2008 | 14:12 WIBTEMPO Interaktif, Surabaya:Korban Lapindo dari sembilan desa secara spontan memblokade Jalan Raya Porong selama sekitar 15 menit pukul 10.00 tadi pagi (29/3). Blokade dilakukan di sekitar bekas Tugu Kuning, Desa Siring.

Aksi warga itu terjadi setelah beberapa anggota DPR RI yang mengunjungi kawasan lumpur Lapindo tidak menyempatkan diri untuk melihat kondisi rumah-rumah warga yang saat ini sudah retak dan banyak bermunculan semburan liar.

Akibat blokade sesaat itu, kemacetan di satu-satunya jalur menuju kawasan timur Jawa Timur itu tidak bisa dihindari. “Untungnya mereka hanya sebentar blokade dan segera bubar setelah mendapatkan penjelasan dari beberapa koordinator warga,” tutur Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sidoarjo Ajun Komisaris Andi Yudianto.

Beberapa anggota DPR RI, Aryo Wijanarko, Muhammad Azwar Anas, Markus Silanu, serta Tosari Wijaya, hari ini memang berkunjung ke Porong. Namun, selama di Porong mereka hanya meninjau dua lokasi pabrik yang kebetulan keluar semburan liar. Sementara rumah-rumah warga sama sekali tidak mereka kunjungi.

“Akibatnya warga marah dan secara spontan kembali blokade jalan,” kata Bambang Kuswanto, koordinator warga Siring. Beberapa perwakilan warga yang sempat menemani kunjungan anggota Dewan itu akhirnya memberikan penjelasan bahwa meski tidak sempat mengunjungi rumah-rumah warga, namun anggota DPR tersebut berjanji akan membantu memperjuangkan kesembilan desa untuk mendapatkan ganti rugi.

“Setelah kami jelaskan, warga langsung bubar dan kembali pulang,” tambah Bambang.

Rohman Taufiq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: